PNM Pastikan Tak Ada Kerugian Negara di Kasus Ratusan Warga Garut Mendadak Punya Utang

Fani Ferdiansyah
Kantor PT PNM (Persero) Cabang Garut. (Fani Ferdiansyah)

“Sifatnya masih sementara karena belum selesai, sedang berlangsung. Datanya kami kros antara data nasabah di internal dan masyarakat yang mengaku dirugikan. Sebab tidak semua warga di Desa Sukabakti ini dirugikan ternyata, karena memang ada juga yang benar-benar merupakan nasabah. Inilah yang sedang kami pastikan dahulu,” ucapnya.

Kondisi ini pula lah yang menyebabkan PT PNM belum bisa memastikan berapa nilai kerugian yang diakibatkan. Selain kerugian materi, Corporate Secretary PT PNM juga menyebut kejadian penyalahgunaan ini berdampak pada reputasi perusahaan.

“Ada potensi kerugian yang kami terima, (kerugian) reputasi juga. Potensi kerugian kami masih dihitung, seperti tadi yang saya sampaikan datanya masih bergerak. Kami berkomitmen untuk bisa menyelesaikan persoalan ini dengan baik karena pelayanan  terhadap masyarakat Indonesia bagi kami penting,” imbuh Dodot Patria Ary.

Selain melakukan pendataan dan penghitungan, Dodot Patria Ary menambahkan jika PT PNM dalam waktu yang sama tengah melakukan investigasi internal. Ia tak menampik bila penyelewengan pengajuan pinjaman kemungkinan tidak hanya dilakukan pihak eksternal yang merupakan oknum kelompok PNM Mekaar, melainkan juga oleh internal di PT PNM sendiri.

“Kami akan mencoba melihat, apakah memang ada peran-peran yang timbul baik dari eksternal atau internal. Tentu kejadian ini akan menjadi pembelajaran bagi kami untuk melakukan proses pembenahan di internal, agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari. Kami tidak akan tutupi, siapapun yang terlibat di dalam akan diproses, soal hukum akan ke kepolisian,” katanya.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network