Ganjar Pranowo Diperkenalkan ke Warga Garut Melalui Wayang Golek

Fani Ferdiansyah
Pagelaran wayang golek Giriharja 3 menjadi pentas yang sangat dinantikan dalam pesta rakyat yang digelar di lapang sepak bola Legok, Desa Sukarame, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Sabtu (4/11/2023) malam. Pada pertunjukan yang digelar itu, sosok Ganjar

GARUT, iNewsIndramayu.id - Ribuan warga dari seluruh kampung di Desa Sukarame, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, memadati lapang sepak bola Legok dalam sebuah pesta rakyat yang digelar Sabtu (4/11/2023) malam. Pagelaran wayang golek Giriharja 3 menjadi pentas yang sangat dinantikan. 

Meski pertunjukan wayang baru dimulai sekitar pukul 22.00 WIB, masyarakat mulai tua hingga muda di desa ini telah berkumpul sejak beberapa jam sebelumnya. Sebagian besar dari mereka bahkan tampak menggelar tikar di depan panggung demi bisa menyaksikan aksi wayang yang dimainkan putra dalang legendaris Jawa Barat Asep Sunandar Sunarya, Yogaswara Sunandar Sunarya

"Banyak yang datang membawa keluarganya ke sini. Ayah, ibu, anak, menantu, hingga cucu semua kumpul bersama buat nonton wayang," kata Somantri (55), seorang warga.

Wayang golek memang telah menjadi hiburan masyarakat Jawa Barat sejak abad ke-19. Seni pertunjukan teater rakyat yang semula dikhususkan bagi kaum menak itu sudah digemari masyarakat Parahyangan secara luas sejak dahulu. 

Kepala Desa Sukarame Asep Basir mengatakan, seluruh warganya dari setiap kampung telah diundang untuk menghadiri pesta rakyat tersebut beberapa hari sebelumnya. Selain membuat warga datang berduyun-duyun untuk menonton, besarnya animo masyarakat juga telah membangkitkan semangat mereka yang berprofesi sebagai pedagang kecil.

"Kegiatan pagelaran wayang ini telah membangkitkan ekonomi warga. Masyarakat sangat senang karena pertunjukan wayang golek di desa kami terbilang jarang digelar," kata Asep Basir.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network