Penyebab Harga Beras Terus Naik hingga Bulan Puasa, Cek 5 Fakta Ini!

Mieke Dearni Br Tarigan
Penyebab harga beras terus naik hingga bulan puasa. (Foto: Okezone)

Adapun di dalam negeri sendiri, beberapa variabel cost pembentuk harga dipasar juga saat ini tengah mengalami kenaikan, mulai dari harga bahan bakar untuk biaya pengiriman, harga plastik, hingga adanya kenaikan upah pekerja.

“Ini semuanya akan di adjust menjadi harga pokok produksi, kalau naik artinya harga naik tetapi yang paling penting adalah menjaga daya beli masyarakat," sambungnya.

2. Permintaan Beras Jelang Puasa Meningkat

Menurut Arief permintaan beras di pasar jelang bulan puasa hingga lebaran juga kerap mengalami peningkatan. Sehingga secara hukum permintaan dan penawaran, kondisi demikian juga kerap mengerek peningkatan harga suatu barang.

Namun demikian, ditengah adanya potensi kenaiakan harga beras yang akan mengalami kenaiakan jelang bulan puasa, Arief menilai yang paling penting adalah menjaga daya beli masyarakat agar tidak timbul permasalahan sosial yang lebih luas.

“Biasanya memang kalau orang puasa itu ya namanya orang lebaran kita juga boleh kasih kesempatan sedikit kepada pedagang agar marginnya lebih karena ada kebutuhan, biasanya memang ada keniakan," tutupnya.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network