Sejumlah Tokoh Budaya Soroti Bangunan Cagar Budaya Eks Lapas Indramayu yang Dirusak Diskimrum

Selamet Hidayat
Bangunan cagar budaya eks Lapas Indramayu. (Foto: Istimewa )

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Bangunan cagar budaya eks Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang terletak di Jalan Kartini telah dirusak atau vandalisme oleh pekerja yang diperintahkan oleh bidang perumahan Dinas Permukiman dan Perumahan (Diskimrum) Kabupaten Indramayu.

Perusakan ini terjadi pada bagian tembok eks Lapas sebelah utara. Pantauan media pada Kamis (11/7/2024), bagian dalam dinding sudah dilepah dua lapis dengan menggunakan semen. Selanjutnya, dinding yang sudah disemen tersebut akan dicat putih.

Awal diketahui adanya aktivitas pekerja di bangunan eks Lapas tersebut, saat Ketua Indramayu Heritage Nang Sadewo melaporkan adanya pekerjaan di eks Lapas. Padahal, dalam rapat koordinasi tahun sebelumnya untuk tahun ini tidak ada pekerjaan yang dianggarkan di Taman Aspirasi. 

Dari temuan tersebut, Nang Sadewo yang juga Ketua Museum Bandar Cimanuk (MBC) melaporkan kepada Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu, Dedy S Musashi, dan Pamong Cagar Budaya Bidang Kebudayaan Disdik Indramayu, Suparto Agustinus.

"Setelah kita cek kok ada pekerjaan yang sebelumnya dinyatakan tidak ada. Ada tumpukan bata dan pasir. Ini nih kalau tidak berkoordinasi," jelas Nang Sadewo.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network