Disnaker Indramayu Siapkan Fasilitas Mesin Antrian AK 1

Safaro
.
Kamis, 04 Agustus 2022 | 16:43 WIB
Kepala Disnaker Indramayu Erpin Marpinda dan pelaksana pada dinas setempat menunjukan Mesin Antrian Antar Kerja Satu (AK 1). (istimewa)

iNewsIndramayu.id

Upaya meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat pencari kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu  menyiapkan fasilitas Mesin Antrian Antar Kerja Satu (AK 1). Mesin ini mempermudah masyarakat dalam proses pendaftaran dan pembuatan kartu pencari kerja yang dilakukan di Kantor Disnaker Indramayu.

Kepala Disnaker Indramayu Erpin Marpinda, mengatakan kartu pencari kerja merupakan salah satu syarat melamar pekerjaan pada suatu perusahaan atau instansi baik dalam negeri maupun untuk keluar negeri. Hanya saja kata dia, sementara ini kartu pencari kerja memang masih dicetak secara manual. Namun dengan keberadaan mesin ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pelayanan.

“Walaupun kartu pencari kerja masih dicetak secara manual  di kantor Disnaker Indramayu, namun tujuan diadakannya mesin antrean tersebut adalah untuk efektivitas, pelayanan yang lebih cepat, serta ketertiban pemohon kartu pencari kerja,” kata dia dalam keterangannya, Rabu (3/8/2022).

Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Disnaker Indramayu menyiapkan informasi lowongan kerja yang tersedia dalam “Sistem Informasi Pencari Kerja” dapat diakses melalui website sirija.indramayukab.go.id.

Untuk menghindari kepadatan para pencari kerja di kantor Disnaker Indramayu, masyarakat yang telah mendaftar secara online melalui siapkerja.kemnaker.go.id akan mendapatkan print nomor antrian dari mesin antrean yang berada didepan ruangan.

Menurutnya, dengan adanya mesin antrian AK 1 yang sudah beroperasi sejak tanggal 1 Agustus tahun 2022 tersebut bisa meningkatkan kualitas dan profesionalisme pelayanan Disnaker Indramayu kepada masyarakat yang memohon dan terdaftar sebagai pencari kerja Indramayu.

Ia menambahkan, pascapandemi animo masyarakat Indramayu  yang mengajukan permohonan kartu pencari kerja sangat tinggi mencapai 10.000 an dan dapat terlayani dengan baik.

“Bahkan pada bulan Juli 2022 Disnaker Indramayu bisa melayani dan mencetak kartu pencari kerja sebanyak 2,451 kartu. (safaro)

 

Editor : Tomi Indra Priyanto
Bagikan Artikel Ini