Logo Network
Network

Indramayu Raih Juara Umum Tantangan Literasi GLN Gareulis Jabar 2022

Safaro
.
Minggu, 07 Agustus 2022 | 18:34 WIB
Indramayu Raih Juara Umum Tantangan Literasi GLN Gareulis Jabar 2022
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, H. Caridin menerima Piala Tetap Juara Umum Tantangan GLN Gareulis Jawa Barat tahun 2022. (istimewa)

iNewsIndramayu.id

Kabupaten Indramayu meraih juara umum Tantangan Literasi Gerakan Literasi Nasional (GLN) Gareulis Jawa Barat (Jabar) 2022. Hal itu terungkap saat Penganugerahan Apresiasi dan Festival Literasi Jawa Barat tahun 2022 di Youth Center Sport Arcamanik Bandung, Sabtu 6/8/2022.

Piala Tetap Juara Umum Tantangan GLN Gareulis Jawa Barat tahun 2022 untuk Kabupaten Indramayu diterima oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan dengan didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Indramayu H. Caridin yang mewakili Bupati Indramayu Nina Agustina.

Iwan Hermawan menyatakan, penghargaan atau menjadi juara umum bukanlah tujuan utama. Yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui literasi.

“Penghargaan bukanlah tujuan utama. Diraihnya predikat terbaik bukanlah literasi sesungguhnya. Literasi sesungguhnya adalah ketika masyarakat telah bisa meningkatkan kesejahteraan karena Literasi adalah untuk kesejahteraan,” kata Iwan  dalam keterangannya.

Oleh karena itu lanjutnya, sinergitas pelaksanaan literasi menjadi mutlak. Seluruh komponen, baik Guru, Siswa, Masyarakat Umum, Dunia Usaha, Dunia Akademisi, Para Tokoh dan Pemuka, serta komponen masyarakat lainnya harus terus bersinergi melakukan literasi.

Selain itu juga Iwan Hermawan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Indramayu yang telah mendukung gerakan literasi di Kabupaten Indramayu.

“Dukungan, supporting yang tinggi dari Ibu Bupati menjadi titik awal bergeraknya mesin literasi Kabupaten Indramayu. Terima Kasih Ibu Bupati. Semoga masyarakat terus mencintai kegiatan literasi, dan mendongkrak Indeks Literasi Masyarakat mulai dari tingkat keluarga sebagai dasar pelaksanaan literasi masyarakat. Kabupaten Indramayu Bermartabat akan cepat terwujud salah satunya melalui Literasi. Literasi Meningkat, Sejahtera masyarakat, Indramayu Bermartabat,” ungkapnya dengan penuh semangat.

Sementara itu, Plt. Kadis Dikbud Indramayu Caridin merasa terharu dengan capaian ini. Para peserta yang kebanyakan merupakan pegawai lingkup Dikbud Kabupaten Indramayu berhasil memberikan sumbangsih yang besar terhadap prestasi Juara Umum yang diperoleh Kabupaten Indramayu. Caridin juga menyampaikan terima kasih atas upaya yang telah dilakukan Penggerak GLN Kabupaten Indramayu.

“Terima kasih kepada Penggerak GLN Gareulis Kabupaten Indramayu yang telah berupaya dengan baik untuk memberi motivasi kepada penggiat literasi di Kabupaten Indramayu, sehingga mampu menumbuhkembangkan budaya membaca, baik dilingkungan sekolah maupun masyarakat. Dengan harapan di era digitalisasi, kegiatan dan budaya membaca buku tidak ditinggalkan,” pungkasnya.

Diketahui Tantangan Literasi GLN Gareulis Jawa Barat dilakukan sejak Juni 2020 (Periode 2020-2021), saat itu, Kelompok Kerja Gerakan Literasi Nasional, Siswa, Keluarga, dan Masyarakat Menulis dan Berliterasi Wujudkan Jawa Barat Juara Lahir Batin, Literat dan Sejahtera (Pokja GLN Gareulis) Jawa Barat mengadakan Tantangan Literasi kepada Kabupaten/kota se-Jawa Barat selama 10 bulan. Tantangan ini diikuti ratusan peserta se-Jawa Barat.

Mendapati tantangan itu, Pengurus Harian Penggerak GLN Indramayu diketuai Lilis Yuningsih, Kepala UPTD SMPN Satu Atap 1 Lelea dengan sekretaris umum Erni Heriningsih, Pengawas SD Dikbud Kabupaten Indramayu menjawab tantangan ini dengan mensosialisasikan hal tersebut ke seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Indramayu.

Penggerak GLN Kabupaten Indramayu mengikutsertakan puluhan kepala sekolah dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan perorangan. Kemudian para peserta ini diverifikasi oleh panitia. (safaro)

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.