Logo Network
Network

Berokan dan Tari Topeng Kelana dari Indramayu, Meriahkan Peringatan HUT ke-77 Tingkat Jawa Barat

Safaro
.
Minggu, 21 Agustus 2022 | 20:34 WIB
Berokan dan Tari Topeng Kelana dari Indramayu, Meriahkan Peringatan HUT ke-77 Tingkat Jawa Barat
Penari topeng dan berokan dari Kabupaten Indramayu usai memeriahkan peringatan ke-77 HUT Kemerdekaan RI, mengiringi perjalanan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan rombongan menuju gedung DPRD provinsi setempat. (istimewa)

iNewsIndramayu.id

Berokan dan Tari Topeng Kelana dari Kabupaten Indramayu ikut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 tingkat Provinsi Jawa Barat, Jumat (19/8/2022). Selain adanya ratusan tumpeng yang disusun membentuk angka 77 di tengah lapangan, penampilan kesenian Berokan dan Tari Topeng Kelana perwakilan dari Indramayu sangat menghibur dan memukau Gubernur Jawa Barat dan tamu undangan yang hadir dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Dalam perayaan puncak HUT ke-77 Provinsi Jawa Barat ini dihadiri Bupati dan Wali Kota se-Jabar, juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, mulai dari pementasan kesenian dan kebudayaan, pameran, festival kuliner, serta rangkaian kegiatan lainnya.

Bupati Indramayu Nina Agustina  selain membawa serta Asisten, Staf Ahli, dan para kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu, juga membawa serta para penabuh gamelan dan penari Topeng khas Indramayu. Tidak ketinggalan juga para pemain seni Berokan yang merupakan kesenian khas Indramayu.

Usai menyaksikan penampilan kesenian, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Ketua DPRD Jawa Barat Taufik Hidayat, beserta seluruh bupati/walikota se Jawa Barat melakukan pemotongan tumpeng. Potongan tumpeng Gubernur Ridwan Kamil diberikan kepada Ketua DPRD Jawa Barat sebagai pertanda kolaborasi harmonis antara eksekutif dan legislatif.

Setelah itu, Gubernur Ridwan Kamil beserta bupati/walikota se Jawa Barat beranjak menuju gedung DPRD Jawa Barat untuk mengikuti jalannya sidang Paripurna. Perjalanan Gubernur tampak diiringi para penari dan pemain Berokan.

Bupati Indramayu Nina Agustina melalui kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparra) Kabupaten Indramayu Trinani R berharap semoga penampilan kesenian Tari Topeng Kelana dan Berokan di puncak peringatan HUT ke-77 Jawa Barat ini dapat semakin memperkenalkan kesenian khas Indramayu di tingkat Jawa Barat.

“Semoga kesenian Indramayu dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat Jawa Barat, nasional, bahkan internasional,” harap dia dalam keterangannya. (safaro)

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.