get app
inews
Aa Read Next : Genjot PAD, Bapenda Indramayu Masifkan Sosialisasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Pendaftar Calon Anggota Panwaslucam Pemilu Serentak 2024 di Indramayu Tinggi

Rabu, 28 September 2022 | 20:52 WIB
header img
Calon Anggota Panwaslu Kecamatan menyerahkan berkas pendaftaran di Gakkumdu Bawaslu Indramayu. (saprorudin)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Ketua Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan, Bawaslu Indramayu, Yati Nurhayati mengatakan animo masyarakat Indramayu mengikuti pendaftaran Calon Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) baik laki-laki maupun perempuan cukup tinggi. Terbukti sejak dibuka tanggal 21 hingga 27 September 2022, pendaftar mencapai 643 peserta, dengan perincian laki-laki 496 peserta dan perempuan 147 orang.

“Jumlah pendaftar Calon Anggota Panwaslucam baik yang datang langsung ke Sentra Gakkumdu Bawaslu, melalui email maupun via Kantor Pos mencapai 643 orang. Animo mereka cukup tinggi,” kata  Yati Nurhayati di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Indramayu, Rabu (28/9/2022).

Menurutnya, bila dibandingkan dengan rekrutmen serupa pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Indramayu, selisih jumlah pendaftar Calon Anggota Panwaslucam Pemilu serentak 2024 lumayan banyak. Pada  Pilkada 2020 Kabupaten Indramayu terjaring 502 pendaftar sementara pendaftar pada Pemilu serentak 2024 mencapai 643 peserta. Ada selisih pendaftar antara Pilkada dan Pemilu serentak sebanyak 141 orang.

“Animo masyarakat cukup tinggi meski yang dibutuhkan hanya 93 orang untuk mengisi formasi di 31 kecamatan, masing-masing kecamatan berjumlah 3 orang,” kata Yati sapaan akrabnya.

Ia juga bersyukur keikutsertaan kaum hawa pada rekrutmen Panwaslucam Pemilu serentak 2024 ikut naik sehingga kuota perempuan sebesar 30 persen tercapai bahkan terlampaui.

Dikatakan, dari 31 kecamatan yang ada di Kota Mangga Indramayu, peserta dari Kecamatan Indramayu cukup mendominasi, jumlahnya mencapai 63 orang dengan perincian laki-laki berjumlah 37 peserta dan perempuan 26 pendaftar. Disusul Kecamatan Sindang dengan jumlah pendaftar sebanyak 28 orang, dengan perincian   laki-laki 19 orang dan perempuan 9 orang. Kemudian Kecamatan Kertasemaya dan Balongan masing-masing 20 peserta dan kecamatan lainnya dibawah 26 pendaftar.

“Pendaftar dengan jumlah paling sedikit yakni dari Kecamatan Patrol, hanya ada 9 pendaftar dengan perincian laki-laki 7 orang dan 2 orang perempuan,” beber dia.

“Bagi peserta yang lulus administrasi akan mengikuti tes tertulis  dengan metode komputer atau Computer Assisted Test (CAT) tanggal 14 - 16 Oktober. Metoda CAT hasilnya lebih akurat dan langsung diketahui oleh peserta juga diketahui oleh Bawaslu RI," ucapnya.

Dari hasil CAT sambungnya akan keluar 6 besar dan 6 besar itu akan mengikuti tes wawancara hingga terpilih 3 besar dan peseta yang lolos 3 besar akan diumumkan tanggal 25 Oktober.

“Peserta yang lolos 3 besar akan diumumkan melalui media dan medsos Bawaslu Kabupaten Indramayu pada tanggal 25 Oktober 2022,” sebutnya.  

Yati berharap mereka yang terpilih sebagai Anggota Panwaslucam berintegritas, amanah, bisa melaksanakan tugas dengan baik karena Pemilu serentak 2024 meliputi pemilihan umum pada tanggal 14 Pebruari 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah pada bulan November 2024 sangat berat.

Pasalnya selain memilih anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, DPR RI juga Presiden. Dan disusul dengan memilih kepala daerah mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota. (safaro)

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut