Logo Network
Network

NPCI Ikut Meriahkan Kirab dan Karnaval Budaya 495 Kabupaten Indramayu

Safaro
.
Kamis, 13 Oktober 2022 | 22:31 WIB
NPCI Ikut Meriahkan Kirab dan Karnaval Budaya  495  Kabupaten Indramayu
Ribuan peserta meramaikan Kirab dan Festival Budaya 495 Kabupaten Indramayu. Tampak peserta festival batik salasatu OPD dengan corak Merak Berunding ikut menyemarakan festival tersebut. (saprorudin)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Indramayu ikut memeriahkan kirab dan karnaval budaya 495 Kabupaten Indramayu 2022, Kamis (13/10/2022). Pengurus dan atlet disabilitas berbaur dengan barisan karnaval batik 27 organisasi perangkat daerah (OPD), 3 RSUD, 31 kecamatan, organisasi kepemudaan, Festival Keraton Ciayumajakuning dan lainnya.

Ketua NPCI Indramayu, Suprayitno mengucapkan terima kasih pihaknya diikutsertakan dalam  kirab dan karnaval budaya semarak Hari Jadi ke 495 Kabupaten Indramayu 2022 selain KONI dan KORMI. Saat karnaval itu kata dia, pihaknya mengikutsertakan puluhan atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor) seperti renang, atletik, tenis meja dan lainnya.

“Saat karnaval itu selain memperkenalkan  atlet-atlet disabilitas  Indramayu kami juga meminta doa dan restu dari semua lapisan masyarakat Kota Mangga agar perjuangan mereka di Peparda VI Jabar 2022 di Kabupaten Bekasi pada November mendatang mendapatkan hasil terbaik,” kata Yitno sapaan akrabnya usai karnaval.

Ia menilai karnaval saat ini sangat meriah, berbegai kesenian daerah, budaya   dilibatkan dalam karnaval tersebut.

Pantauan, puluhan ribu peserta karnaval dilepas dari Sport Center melintasi Jl DI Panjaitan, Ahmad Yani dan panggung utama di Pasar Mambo, Bundaran Jam, hingga Jenderal Sudirman.  Disepanjang jalan yang dilalui dipenuhi lautan manusian dengan berbagai corak dan ragam pakaian yang dikenakannya ditambah ribaun penonton yang berjejer di pinggir jalan menambah semarak karnaval tersebut.

Dalam karnaval tersebut, selain diikuti festival batik 27 OPD dan 3 RSUD, 17 SMP, Kontingen Kepala Sekolah, UNWIR, STIKes, Polindra, MI Muhmadiyah, Aisiya juga diikuti Festival Keraton Ciayumajakuning, Trah Wiralodra Indramayu, Keraton kesepuhan Cirebon, Keraton Kanoman Cirebon, Keraton Kacirebonan Cirebon. Komunitas Budaya Nusantara seperti Batak, Minang, Dayak dan Islam Nusantara ikut terlibat didalamnya.  (safaro)

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.