get app
inews
Aa Read Next : Jelang Tunaikan Ibadah Haji, BDI Kilang Balongan Berikan Pembekalan Kepada Calhaj

Pesilat Indramayu Ukir Prestasi di Bekasi Open Championship 1, PS Silih Asih Boyong 19 Medali

Senin, 17 Oktober 2022 | 22:04 WIB
header img
Salasatu peserta dari PS Silih Asih Penganjang bertarung dengan pesilat dari darah lain pada Kejuaraan Bekasi Open Championship 1. Pada kejuaraan tersebut, pesilat dari PS Silih Asih memboyong 19 medali. (istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Pesilat dari Kota Mangga Indramayu mengukir prestasi di Kejuaraan Bekasi Open Championship 1 2022. Selain pesilat dari Sekolah Juara Wirautama Desa/Kecamatan Patrol dengan meraih 4 medali, para pesilat dari Perguruan Pencak Silat (PS) Silih Asih Desa Penganjang Kecamatan Sindang juga menorehkan prestasi.

Pada  Kejuaraan Bekasi Open Championship 1 selama 3 hari sejak tanggal 14 - 16 Oktober 2022 di Gor Basket  Stadion Candrabhaga Bekasi itu, PS Silih Asih memboyong 19 medali dengan perincian 5 medali emas 6 perak dan 8 medali perunggu.  

Pelatih  PS Silih Asih, Ahmad Fadly mengaku bangga dan bersyukur anak asuhnya bisa berprestasi di tingkat nasional.

Menurutnya, meski PS Silih Asih tergolong perguruan muda dan baru 2 tahun bermarkas di Asrama TNI Penganjang, namun telah berhasil membawa harum Indramayu dikancah kejuaraan nasional dan behasil menyingkirkan para pesilat tangguh lainnya dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia.

"Persiapan kami sangat singkat sekira dua bulanan. Dalam waktu singkat itu kami  memotivasi 19 pesilat agar semangat berlatih. Alhamdulillah semuanya dapat medali mulai dari emas, perak dan perunggu," kata pelatih muda ini dalam keterangannya, Senin (17/10/2022).

Mereka kata Ahmad Fadly merupakan siswa di berbagai sekolah di Kecamatan Sindang dan 1 Atlet sekolah di Kecamatan Arahan, dengan rincian, peroleh mendali emas yaitu Syaroful Anam (13), Thalita Yulyana (14), Salman Rafif Alhafis (11). Ketiganya adalah siswa SMPN I Sindang. Kemudian Casyati (14)   siswi SMPN 3 Sindang, Ridho Martino (10) SDN 3 Penyindangan Kulon Kecamatan Sindang.

Sedangkan medali perak diraih  Syarifah Azka (10) SDN I Penganjang, Cinta Agustin (14), Nabila (14) dan Yoga Friyandi (11) merupakan siswa SMPN 3 Sindang dan Rafa Sehan Pijar Abimanyu (11) siswa SMPN 1 Sindang.

Sementara peserta yang meraih medali perunggu adalah Iin Indriyani (14) siswi SMPN 3 Sindang, Kaisya Dwi Agustin (11) dan Juliana Cinta Dinda Suhesti (11), M Fahmi (12), Royan Zubhair Ashobi (18), Zoelfan Pamungkas (12), mereka tercatat sebagai siswa SMPN 1 Sindang. Selanjutnya Kartika Sari (14) siswi SMPN 1 Arahan, Intan (12) siswi SMP IT Sindang,  Muhamad Gilang Romadhon (15) siswa MTs Al-Wasliyah Sindang.  

Kuwu Penganjang Kecamatan Sindang, Drs. Darsono, M.Si mengaku kaget sekaligus bangga atas prestasi yang diraih Perguruan Silat Silih Asih. Ia tidak menyangka atlet-atlet silat dari PS Silih Asih Penganjang mampu mengukir prestasi di tingkat nasional. Mereka kata dia telah menyisihkan atlet-atlet dari kabupaten/kota lainnya.

“Saya keget sekaligus terharu dan  bangga atas prestasi anak-anak kami dan kita akan suport agar mereka terus berprestasi. Kami juga berharap adanya perhatian dari Pemkab Indramayu dalam hal ini Bupati  Nina Agustina  karena ada kebutuhan alat latih seperti matras, body protektor dan samsak karena  perguruan kami masih minim sarana," ujarnya berharap.

Sementata itu Camat Sindang Suyitno S.STP, MM  mengucapkan bila prestasi tersebut tentunya sangat membanggakan. Ia juga setuju bila pembinaan berkelanjutan dari pemerintah harus terus dilakukan.

“Ini prestasi luar biasa, bakat yang dimiliki harus dikembangkan salasatunya adanya perhatian Pemkab melalui KONI atau mengusahakan adanya bapak angkat misalnya Pertamina, BUMN lainnya atau BUMD yang peduli pada olahraga prestasi," ucap Camat. (safaro)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut