Logo Network
Network

Jawa Barat Jajaki Kerja Sama dengan Inggris di Sektor Pendidikan 

Taufik
.
Selasa, 18 Oktober 2022 | 22:14 WIB
Jawa Barat Jajaki Kerja Sama dengan Inggris di Sektor Pendidikan 
Ilustrasi, ITB Kampus Cirebon akan memulai perkuliahan pada 17 Januari 2022.

BANDUNG - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Inggris di sektor pendidikan

Hal itu terungkap dalam pertemuan antara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins di Hotel Pullman Kota Bandung, Selasa (18/10/2022). 

Menurut Gubernur, hal ini bertujuan untuk menyiapkan Sumber Data Manusia (SDM) yang produktif dalam menghadapi tantangan global di 2045. 

Direncanakan dalam kerja sama tersebut akan lahir sebuah universitas di Jabar dengan semua kurikulum pendidikannya sama dengan Universitas Lancaster di Inggris.  

"Ini dalam rangka persiapan Jawa Barat menyiapkan sumber daya manusia yang siap dengan persaingan global menuju 2045," kata Ridwan Kamil. 

"Nama universitasnya kalau dari Inggris Lancester join program dengan Universitas Deakin di Australia ," sambung Kang Emil, sapaan akrabnya. 

Harapannya, universitas tersebut disambut dengan baik oleh masyarakat Jabar. Apalagi tujuannya sangat jelas dan tepat sasaran, yaitu menghasilkan SDM yang memiliki wawasan global. 

"Mudah-mudahan dalam hitungan bulan pengumuman hadirnya universitas asal Inggris ini bisa disambut baik, sehingga SDM Jawa Barat mempunyai pilihan yang sifatnya global," imbuhnya. 

Sementara itu, Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengemukakan, Pemerintah Inggris menyambut baik kolaborasi dengan Pemda Provinsi Jabar, khususnya di dunia pendidikan.  

"Pemerintah Inggris sangat mengapresiasi kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, seperti yang sudah disebut Pak Gubernur, ada beberapa kerja sama antara Inggris-Jawa Barat. Inggris sangat fokus kepada pendidikan dengan menghadirkan pendidikan kelas dunia," ucap Owen. 

Ia menjelaskan pula, perguruan tinggi terbaik yang dimaksud ialah Universitas Lancaster. Dalam beberapa tahun ke depan akan hadir di Kota Bandung guna menciptakan SDM yang berkualitas, bekerja sama dengan Universitas Daekin, Australia. 

"Kini Lancaster University sedang mengatur program join campus bersama Deakin University dari Australia di Jawa Barat," pungkasnya.

Editor : Mohamad Taufik

Follow Berita iNews Indramayu di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.