get app
inews
Aa Read Next : Jelang Tunaikan Ibadah Haji, BDI Kilang Balongan Berikan Pembekalan Kepada Calhaj

Tuntutan Jalan Rusak Diperbaiki Imbas Laka Lantas Pemotor Vs Truk Tangki Direspon Pemkab Indramayu

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 21:38 WIB
header img
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Indramayu, Jajang Sudrajat saat memperlihatkan hasil kesepakatan bersama untuk melakukan perbaikan ruas jalan Balongan-Tegalurung. (istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Masyarakat Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu melakukan aksi blokade jalan di pertigaan Desa Tegalurung kecamatan setempat, Kamis (20/10/2022). Mereka melarang truk tangki Pertamina  dengan kapasitas diatas 8000L melintas sebelum jalan rusak diperbaiki.

Pasalnya imbas kerusakan jalan tersebut, sering terjadi laka lantas, terakhir antara pengemudi motor vs truk tangki pengangkut LPG, hingga pembonceng meninggal dunia di TKP.   

Aksi blokade itu dilakukan karena tidak adanya titik temu antara masyarakat dan pihak Pertamina ITB Balongan serta PUPR Indramayu yang dimediasi Camat Balongan agar ruas jalan yang rusak antara Balongan dan Tegalurung diperbaiki karena rawan kecelakaan lalu lintas (laka lantas).   

Namun aksi blokade itu direspon cepat Bupati Indramayu Nina Aguatina sehingga kurang dari 5 jam aksi penutupan jalan berhenti dan masyarakat membubarkan diri.

Melalui Camat Balongan dan unsur Forkopimda Bupati Indramayu memerintahkan agar ruas jalan tersebut segera diperbaiki dan memberikan intruksi kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) agar melakukan betonisasi sesuai harapan masyarakat setempat.

Mendapat respon cepat itu, masyarakat setempat yang ikut aksi blokade mengucapkan terima kasih kepada Bupati Indramayu. Ucapan terima kasih ini disampaikan saat mediasi antara pihak Pertamina ITB Balongan, Dinas PUPR Indramayu dengan masyarakat yang mengadakan aksi penutupan jalan.

Mediasi ini diinisiasi oleh Kapolres Indramayu AKBP M. Lukman Syarif, S.I.K., M.H., dan Dandim 0616 Indramayu Letkol Arm Andang Radianto.

Kuwu Tegalurung, Abdullah mengapresiasi langkah cepat  Bupati  Nina Agustina karena menurutnya meski sedang bertugas di luar kota namun  tetap memperhatikan masyarakatnya.

“Terima kasih Ibu Bupati Indramayu atas respon cepatnya. Beliau  memberikan solusi serta menerima aspirasi atau keluh kesah  masyarakat. Semoga dengan adannya campur tangan Pemkab Indramayu jalan raya yang melintasi desa kami diperbaiki dengan betonisasi  dan ke depan diharapkan angka kecelakaannya kecil syukur-syukur nol kecelakaan,” ujar dia senang. 

Ia juga mengapresiasi Forkopimda Indramayu yang mau hadir dalam mediasi antara masyarakat, Pertamina ITB Balongan dan Dinas PUPR serta mengedepankan kondusifitas dalam pengamanan aksi.

Setelah hasil musyawarah disepakati antara masyarakat dengan pihak PUPR Indramayu serta Pertamina ITB Balongan disaksikan unsur Forkompimda, aksi penutupan jalan untuk tanki BBM dan BBG membubarkan diri secara tertib dan membongkar tenda yang sudah dipasang di pertigaan jalan.

Hadir pada saat diskusi dan mediasai, Kapolres Indramayu AKBP M. Lukman Syarif, S.I.K., M.H., Dandim 0616/Indramayu Letkol Arm Andang Radianto, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Indramayu, Jajang Sudrajat, Camat Balongan Opik Hidayat, perwakilan Dinas PUPR Indramayu, Rizal N dan perwakilan HSSE Pertamina, Tunjang Baskoro Adi.

Diketahui, hasil dari kesepakatan bersama yang disaksikan unsur Forkopimda itu akan dilakukan perbaikan ruas jalan antara Balongan dan Tegalurung. Kemudian di ahkir Maret 2023 akan dilakukan betonisasi oleh Dinas PUPR bekerjasama dengan  Pertamina ITB Balongan. (safaro)

 

 

 

 

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut