get app
inews
Aa Read Next : Memaknai Harkitnas 2024 dengan Kebangkitan Energi di Kilang Balongan

60 Persen Anggota Panwaslu Kecamatan di Indramayu Wajah Baru, Perempuan 13 Orang

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 20:21 WIB
header img
Anggota Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Indramayu dalam rangka Pemilu Seentak 2024 dilantik. Anggota Panwaslu Kecamatan mengikuti sesi foto bersama dengan Komisioner Bawaslu Indramayu dan undangan yang hadir. (saprorudin)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan di Kabupaten Indramayu dalam rangka Pemilu Serentak 2024 sekira 60 persen merupakan wajah baru. Mereka berjumlah 93 orang untuk mengisi formasi di 31 kecamatan. Masing-masing kecamatan beranggotakan 3 orang. Setelah dilantik mereka langsung mengikuti pembekalan selama dua hari.

Demikian dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu, Nurhadi usai pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Anggota Panwaslu Kecamatan di Aula Hotel Wiwi Perkasa 2 Indramayu, Jumat (28/10/2022).

Hadir pada kesempatan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asda 1) Setda Indramayu, Jajang Sudrajat, Kepala Satpol PP – Damkar, Teguh Budiarso, Kordiv SDM Bawaslu Provinsi Jawa Barat, H.M. Wasikin Marzuki,  Ketua DPRD Indramayu, H. Syaefudin, Ketua KPU Indramayu Ahmad Toni Fatoni, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Indramayu, Pitrahari, Ketua KNPI Indramayu, Yoga Rahadiansyah,  perwakilan partai dan tamu undangan lainnya.

Dikatakan, dari 93 anggota Panwalu tersebut kata dia, laki-laki berjumlah 80 orang dan perempuan 13 orang.  

“Saat rekrutmen Panwaslu Kecamatan kami menjaring sebanyak 648 peserta dan setelah mengikuti tahapan seleksi tersaring 93 orang,” kata dia.

Nurhadi tidak menampik kuota perempuan sebanyak 30 persen belum terpenuhi. Belum terpenuhinya kuota itu bukan berarti minat kaum Hawa menjadi penyelenggara pemilu kurang. Minat mereka  cukup tinggi namun berguguran saat mengikuti tahapan seleksi dan tersisa 13 peserta.

“Saat perekrutan Anggota Panwaslu Kecamatan kami memilih peserta berdasarkan kualifikasi hasil tes. Kami tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan. Artinya, siapa yang memiliki kompetensi terbaik di masing-masing kecamatan dia yang terpilih,” ucapnya.

Setelah dilantik  sambungnya mereka mulai bekerja.

“Mereka diharapkan mampu bekerjasama dengan baik dan mampu mengendalikan serta melakukan upaya pencegahan atas potensi-potensi pelanggaran Pemilu,” tambahnya.

Sementara itu, Kordiv SDM Bawaslu Provinsi Jawa Barat, H.M. Wasikin Marzuki berharap Anggota Panwaslu Kecamatan bekerja professional, jaga kesehatan, memiliki integritas dan soliditas. Bisa bekerja sama dan   akur sesama anggota penyelenggara pemilu dan bekerja penuh waktu.

Pria yang akrab disapa Abah ini menambahkan, pelantikan dan pengambilan sumpah/janji anggota Panwaslu Kecamatan Pemilu Serentak 2024 dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat dilakukan serentak hari ini. (safaro)

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut