Logo Network
Network

Asah Kemampuan Atlet, Atlet NPCI Indramayu Ikut Try Out Panahan di GAC Cirebon

Safaro
.
Senin, 31 Oktober 2022 | 21:51 WIB
Asah Kemampuan Atlet, Atlet NPCI Indramayu Ikut Try Out Panahan di GAC Cirebon
Atlet Panahan NPCI Indramayu foto bareng dengan Sekda Indramayu, Rinto Waluyo usai try out di Lapangan GAC Cirebon. (istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu - Atlet panahan yang tergabung dalam National Paralympik Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Indramayu mengikuti uji coba (try out) di Lapangan Grage Archery Cirebon (GAC) komplek Grace City Cirebon pada Minggu 30 Oktober 2022.

Try out itu untuk mengasah kemampuan dan menumbuhkan rasa percaya diri atlet panahan menjelang Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) VI Jabar 2022 di Kabupaten Bekasi.

Wakil Sekretaris NPCI Indramayu, Didi Kusridi mengatakan keikutsertaan pihaknya dalam uji coba di GAC Cirebon untuk mengasah kemampuan dan menumbuhkan rasa percaya diri atlet panahan menjelang Peparda Jabar 2022 di Kabupaten Bekasi pada akhir November mendatang.

Try out itu, sambungnya sebuah sarana uci coba untuk mengetahui sejauh mana perkembangan atlet disabilitas khususnya panahan. Makanya meski try out itu untuk umum namun pihaknya mengikuti uji coba tersebut.

Didi bersyukur anak asuhnya bisa bersaing dengan atlet-atlet umum dari club panahan dari Cirebon, Indramayu, Majalengka, Brebes Jateng dan lainnya seperti club GAC, Dunia Panahan (DP) Archery Indramayu dan hanya satu-satunya atlet disabilitas yakni NPCI Indramayu.

Saat try out itu, pihaknya mengikutksertakan 9 atlet, dengan rincian 5 laki-laki dan 4 perempuan, dengan mengikuti kelas compound (50 meter), recurve (70 meter) dan standar bow (40 meter). Dari 3 kelas yang diikuti itu, hanya kelas recurve yang  meraih medali yakni 2 medali perak. 2 kelas lainya masih gagal.

“Ini try out yang kedua setelah sebelumnya di lapangan Bumi Patra RU VI Balongan dengan pemanah-pemanah handal binaan RU VI. Try out ini sangat penting, tujuannya untuk menumbuhkan rasa percaya diri atlet,” kata dia di Sekretariat NPCI Indramayu, di kompleks GOR Singalodra Sindang, Senin (31/10/2022).

Menurutnya, meski hasilnya kurang maksimal hanya meraih dua perak namun secara teknis   anak-anak asuhannya sudah bagus. Ia tidak menampik anak asuhnya belum percaya diri atau istilahnya demam panggung.   

“Try out ini sebagai media untuk menggembleng mental atlet agar pada saat Peparda Jabar nanti mereka sudah siap bertanding. Doakan saja semoga atlet disabiltas Indramayu bisa meraih hasil terbaik,” ucapnya.

Didi menambahkan, saat try out itu pihaknya bertemu dengan Sekda Indramayu, Rinto Waluyo yang kebetulan mengantarkan putranya yang tergabung dalam DP Archery Indramayu juga mengikuti try out.

Sementara itu, Pelatih Panahan NPCI Indramayu, Wawan Setyo Utomo membenarkan anak-anak asuhnya masih demam panggung, sehingga saat pertandingan banyak yang gagal. Ia terus memotivasi atlet agar tetap percaya diri  meski lawan yang dihadapi adalah atlet-atlet umum.

“Dari sekian club panahan yang mengikuti try out di GAC Cirebon hanya dari NPCI Indramayu yang disabilitas selebihnya atlet umum, namun demikian atlet NPCI Indramayu masih bisa bersaing meski belum sempurna,” kata dia. (safaro)

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.