get app
inews
Aa Read Next : PDAM Tirta Darma Ayu Siap Suplai Pasokan Air untuk Embarkasi Haji Indramayu

Ciptakan Lingkungan Kerja Nihil Kecelakaan, Kilang Pertamina Balongan Diganjar 3 Penghargaan

Sabtu, 17 Desember 2022 | 16:57 WIB
header img
Manager HSSE PT KPI Unit Balongan, dr Nur M Marheliansyah (batik) menerima penghargaan dari Pemprov Jawa Barat. (istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balongan diganjar 3 penghargaan level Platinum dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar). Penghargaan itu diraih atas upayanya dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan nihil kecelakaan kerja di Kilang Pertamina Balongan.

Ketiga penghargaan kategori Platinum yang diraih yakni penghargaan program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja, penghargaan program Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19, dan penghargaan Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3).

Piagam Penghargaan yang ditandatangani Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut, diserahkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar Rachmat Taufik Garsadi, kepada  Manager Health, Safety, Security, And Environment (HSSE) PT KPI Unit Balongan, dr Nur M Marheliansyah   didampingi Section Head Health, dr Bernardo L Tobing.

Manager HSSE PT KPI Unit Balongan, dr Nur M Marheliansyah mengatakan, aspek keselamatan kerja merupakan yang utama yang harus diterapkan di lingkungan kerja Kilang Pertamina Balongan setiap saat.

Menurutnya, setiap pekerjaan harus selalu dipastikan aspek safetynya serta mendapat pengawasan oleh safetyman demi menghindari terjadinya kecelakaan kerja sekecil apapun terutama di area kilang.

“Safety merupakan komitmen  perusahaan yang wajib diterapkan, apalagi Kilang merupakan area kerja dengan risiko tinggi,” kata Nur M Marheliansyah dalam keterangannya, Jumat 17/12/2022).

Section Head Health PT KPI Unit Balongan, dr Bernardo L Tobing menambahkan hingga saat ini pihaknya masih menerapkan protokol kesehatan diantaranya menganjurkan penggunaan masker kepada pekerja, dan rutin melakukan random swab antigen setiap minggu, bahkan  tamu yang hadir juga diwajibkan melakukan swab test Antigen.  Sementara terkait  HIV AIDS, melalui bagian Health Kilang Pertamina Balongan juga rutin mengadakan Voluntary Counseling and Testing (VCT) kepada pekerja, keluarga, dan mitra kerja perusahaan.

“Kita bersyukur pada giat VCT kepada 100 orang pada 7 Desember lalu semua hasilnya negatif,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov Jabar, Rachmat Taufik Garsadi mengatakan, penganugerahan penghargaan terkait aspek K3 ini merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan yang telah menerapkan K3 di lingkungan kerjanya.

“Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bagi perusahaan  lain untuk meniru upaya perusahaan yang telah mendapatkan penghargaan,” harapnya. (safaro)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut