get app
inews
Aa Read Next : Maju di Pilkada 2024, Rofiq Ingin Indramayu Bangkit dan Lebih Baik

Dokter Hewan di Indramayu Raih Penghargaan dari DKPP Provinsi Jabar

Senin, 26 Desember 2022 | 22:13 WIB
header img
Dokter Hewan di Indramayu saat menyuntik sapi di penangkaran sapi milik masyarakat sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus PMK. (istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Seorang dokter hewan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu mendapatkan penghargaan dari DKPP Provinsi Jawa Barat. Dokter hewan yang bertugas di Pos Kesehatan Hewan (Poskeswan) Pembantu Cikedung,  drh. Chairul Ahwan mendapatkan apresiasi sebagai Petugas Pelapor Sistem Informasi Kesehatan Hewan Indonesia Yang Mutakhir (iSIKHNAS) Terbaik Jawa Barat 2022.

Hal itu diketahui dari laman media sosial  DKPP Provinsi Jawa Barat, Senin (26/12/2022). Dalam laman tersebut, diketahui selain drh. Chairul Ahwan dari Poskeswan Pembantu Cikedung Indramayu  juga drh. Frino Nengsih, dari DPKH Kabupaten Subang dan drh. Anne Rachmadianti, dari UPTD Pusat Kesehatan Hewan Kota Cimahi, Jawa Barat.

drh. Chairul Ahwan mengatakan, dirinya menyampaikan terima kasih kepada DKPP Provinsi Jawa Barat yang telah memberikan penghargaan sebagai bentuk perhatian kepada petugas lapangan dalam melaksanakan tugas untuk kesehatan hewan.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas apresiasi dan penghargaan tersebut kepada DKPP Provinsi Jabar.Penghargaan itu merupakan bentuk perhatian kepada para petugas lapangan dalam menjaga kesehatan hewan milik masyarakat terutama di tengah gempuran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). PMK adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular,” kata dia dalam keterangannya, Senin (26/12/2022).

Menurutnya, dalam melaksanakan tugas penanganan dan pencegahan virus PMK di Kabupaten Indramayu sangat memakan waktu karena berpindah dari satu ke tempat  penangkaran hewan lainnya dan menguras energi manakala hewan sering berontak saat dilakukan pengobatan.

“Gempuran virus PMK yang sangat menguras energi pikiran dan waktu para petugas di lapangan,” ucapnya.

Selain itu, dengan apresiasi penghargaan sebagai petugas pelapor iSIKHNAS terbaik ini, dirinya tak luput menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina, Plt. Kepala DKPP Kabupaten Indramayu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kepala UPTD Puskeswan Kabupaten Indramayu yang telah memberikan motivasi dan dukungan dalam melaksanakan layanan kepada masyarakat.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina, Plt. Kepala DKPP Kaupaten Indramayu, Kabid Keswan dan Kepala UPTD Puskeswan Kabupaten Indramayu yang selalu memotivasi dan memberi dukungan dalam pelayanan keswan yang kami berikan kepada masyarakat,” ungkap Chairul Ahwan.

Dengan penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan laporan dari masyarakat jika hewan ternak atau peliharaannya mengalami masalah kesehatan  terutama karena penyakit menular strategis seperti rabies, flu burung, PMK dan lainnya.

“Dengan cepatnya laporan dari masyarakat maka masalah penyakit hewan  juga akan lebih cepat ditangani dan dikendalikan,” ujarnya.

DPKPP Provinsi Jawa Barat juga memberikan penghargaan kepada Poskeswan Pembantu Cikedung, Kabupaten Indramayu sebagai Juara 2 Kategori Puskeswan Terbaik se-Jawa Barat Tahun 2022. (safaro)

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut