get app
inews
Aa Read Next : Asrama Haji Embarkasi Indramayu Siap Berangkatkan 13.050 Calhaj Asal Jabar

Tanggul Cimanuk di Desa Gedangan Indramayu Longsor

Kamis, 19 Januari 2023 | 18:18 WIB
header img
Camat Sukagumiwang Sutarno Sukarja bersama jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) kecamatan setempat meninjau lokasi tanggul longsor. (istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id – Tanggul Sungai Cimanuk di belakang balai desa Gedangan Desa Gedangan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu longsor. Longsornya tanggul tersebut karena terkikis aliran sungai imbas tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir di daerah hulu sungai.

Menyikapi hal tersebut Camat Sukagumiwang Sutarno Sukarja bersama anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) kecamatan setempat meninjau lokasi untuk memastikan kondisi tanggul yang longsor, Rabu (18/1/2022). Kejadian itu sudah dilaporkan kepada Bupati Indramayu Nina Agustina.

Camat Sukagumiwang mengatakan terdapat beberapa titik tanggul longsor di Desa Gedangan dengan kedalaman rata-rata 1 meter dengan panjang lebih dari 50 meter. Longsornya tanngul tersebut kata dia akibat aliran sungai yang cukup deras beberapa waktu lalu.

“Terdapat beberapa titik tanggul yang ambls akibat aliran sungai yang deras, kedalaman kurang lebih satu meter dengan panjang hingga 50 meter lebih,” kata dia dalam keterangannya.

Ia menyampaikan usulan kepada Balai Besar Wilayah Sungai  Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis) Cirebon, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu untuk mencegah terjadinya longsor susulan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya.

“BBWS Cimancis yang memiliki kewenangan, Dinas PUPR dan BPBD dapat segera mengantisipasi hal itu. Kami mengusulkan agar tanggul yang longsor diperkuat dengan bronjong agar aliran air tidak mengikis bantaran sungai dan air tidak naik ke permukiman warga,” usulnya.

Imbas dari meluapnya sungai dan longsornya bantaran sungai tersebut, lanjutnya  menggenangi permukiman warga di Desa Gedangan.

“Longsor ini mengakibatkan beberapa rumah di permukiman Desa Gedangan tergenang air sehingga mengganggu aktivitas keseharian masyarakat setempat,” tambahnya. (safaro)

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut