get app
inews
Aa Read Next : KA Gajayana Tertemper Minibus di Indramayu, Sejumlah Rute Alami Keterlambatan Perjalanan

Pekerjaan Besar akan Dimulai, BBWS Cimancis Lakukan Sosialisasi Modernisasi Daerah Irigasi Rentang

Selasa, 21 Februari 2023 | 08:54 WIB
header img
BBWS Cimancis melakukan sosialisasi kegiatan Rentang Irrigation Modernization Project (RIMP) LSS - 07 dan LOS - 04 atau Modernisasi Daerah Irigasi Rentang di Pendopo Kecamatan Sindang. (saprorudin)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung (Cimancis) Cirebon melakukan sosialsiasi kegiatan Rentang Irrigation Modernization Project (RIMP) LSS - 07 dan LOS - 04 atau Modernisasi Daerah Irigasi Rentang. Sosialisasi yang diikuti perwakilan Dinas PUPR Indramayu, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Kuwu/Kepala Desa Kecamatan Sindang dan Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu ini dipusatkan di Pendopo Kecamatan Sindang, Senin (20/02/2023).

Pelaksana Sosialisasi BBWS Cimancis, Siswanto mengatakan sosialisasi ini merupakan langkah awal seiring akan dilakukannya pekerjaan kontruksi saluran di wilayah  Kecamatan Sindang dan Kecamatan Lohbener. Dengan sosialisasi ini kata dia diharapkan semua lapisan masyarakat tahu dan mendukung pekerjaan normalisasi saluran irigasi termasuk akan dihidupkannya kembali Sipon Bangkir yang akan dimulai dalam waktu dekat ini.

“Supaya pekerjaan bisa berjalan lancar harus ada partisipasi dari masyarakat,” kata dia usai sosialisasi.  

Menurutnya, sosialisasi ini diikuti oleh KTNA, Kuwu dan Forkopimcam dari Kecamatan Sindang dan Kecamatan Lohbener. Sosialisasi ini akan diteruskan di tingkat desa/masyarakat oleh tim sosialsiasi dari BBWA Cimancis.

“Ini baru sosialisasi umum untuk detail  akan dilakukan menyusul. Setelah semuanya selesai baru dilakukan pekerjaan kontruksi,” ucap Siswanto.

Ia menambahkan sosialisasi ini sesuai rencana akan disampaikan kepada masyarakat di tiga kecamatan, dua kecamatan sudah selesai yakni Kecamatan Sindang dan Lohbener kemudian di susul di Kecamatan Pasekan.

“Tujuan dilakukannya pekerjaan kontruksi saluran adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para petani karena air sampai ke areal persawahan sehinnga panennya bisa melimpah dan hasil panen itu diharapkan untuk mendukung ketahanan pangan nasional,” tambahnya.

Sementara itu Camat Sindang, Suyitno berharap pekerjaan kontruksi saluran irigasi di wilayah kerjanya bisa berjalan aman, lancar dan sukses. 

Ia juga berharap Modernisasi Daerah Irigasi Rentang bisa memberikan manfaat secara langsung kepara para petani salasatunya tersedianya air yang cukup di areal persawahan dan imbasnya para petani bisa menghasilkan panen yang melimpah.

“Dengan tersedianya air yang cukup bisa mendongkrak hasil panen dan diharapkan bisa mendukung ketahanan pangan nasional,” ucapnya.  

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut