get app
inews
Aa Read Next : Kembali Gelar Donor Darah, GM RU VI: Setetes Darah Menyelamatkan Satu Jiwa

PMI Kuningan Optimalkan Layanan Donor Darah saat Malam Selama Ramadan

Minggu, 02 April 2023 | 16:10 WIB
header img
PMI Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kini tengah mengoptimalkan layanan donor darah saat malam hari selama Ramadan. Foto: Andri

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kini tengah mengoptimalkan layanan donor darah saat malam hari selama Ramadan. Kegiatan ini dikemas melalui program Safari Donor Darah Ramadan dengan menyasar 32 kecamatan, Minggu (2/4/2023).

Oleh sebab itu, PMI Kuningan mengajak agar warga tetap menjadi pendonor darah meski di bulan puasa. Hal ini demi menjaga ketersediaan stok darah di PMI Kuningan.

Setiap agenda Safari Donor Darah Ramadan ini langsung dipimpin Ketua PMI Kuningan, Hj Ika Siti Rahmatika. Termasuk sejumlah pengurus lain seperti Agus Mauludin, Apang Suparman hingga Kepala Dinkes Kuningan Hj Susi Lusiyanti.

“Saat ini melalui program Safari Donor Darah Ramadan, kami ingin mengejar stok ketersediaan darah saat Ramadan. Mudah-mudahan upaya ini mendapat dukungan dari semua pihak, sehingga stok darah tetap aman selama bulan suci Ramadan,” kata Ketua PMI Kuningan, Hj Ika Siti Rahmatika.

Oleh sebab itu, pihaknya melakukan berbagai upaya demi meningkatkan ketersediaan stok darah di PMI Kuningan. Sebab permintaan darah hingga saat ini masih cukup banyak, misalkan saja dari ibu yang melahirkan akibat pendarahan hingga penderita Thalasemia maupun kecelakaan.

“Kami mengajak dan mengimbau masyarakat agar bisa mendonorkan darahnya. Selain untuk kesehatan pendonor, darah kita juga bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain,” ungkapnya.

Istri Bupati Kuningan ini berharap, agar masyarakat tidak ragu untuk menyumbangkan darah saat Ramadan. Diharapkan pada bulan puasa ini, aktivitas donor darah tetap berjalan sehingga dapat menambah stok darah demi membantu warga yang membutuhkan.

“Kalau untuk target ya sebanyak-banyaknya. Mudah-mudahan ini bisa mencukupi kebutuhan darah di Kabupaten Kuningan,” imbuh Ika.

Ia melihat, jika darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Untuk itu, setiap warga semoga bisa mengikuti donor darah demi meningkatkan ketersediaan stok darah di PMI Kuningan.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut