get app
inews
Aa Read Next : Usai Tugas Pemilu, Pamsung TPS di Indramayu Meninggal Dunia

Pemkab Cirebon Sampaikan Info Seputar Pemilu Lewat Pagelaran Seni Tradisional

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 13:24 WIB
header img
Pagelaran seni tradisional sandiwara di Cirebon. Foto: Joni

CIREBON, InewsIndramayu.id-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon menggelar pagelaran seni budaya lokal daerah berupa sandiwara atau pertunjukkan teater tradisional masyarakat untuk menyampaikan informasi seputar Pemilu 2024 kepada masyarakat.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Diskominfo Kabupaten Cirebon dengan tema 'Pemilih Cerdas Menentukan Masa Depan Bangsa'ini digelar di Situs Pendopo Buyut Genja Desa Wangunharja, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jumat (27/10) malam. 

Bupati Cirebon, Imron, saat membuka acara tersebut menyampaikan, bahwa Diskominfo mempunyai tanggung jawab dan peran penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait pemilu yang akan berlangsung pada tahun 2024.

Di era serba digital ini, kata dia, diharapkan agar Diskominfo mempunyai terobosan dan inovatif dalam berbagai macam cara. Tentunya, agar informasi-informasi yang benar jelang pesta demokrasi bisa sampai ke masyarakat langsung, mungkin dengan cara ini lebih efektif.

Kita juga mengajak kepada para orang tua agar jangan mau ketinggalan sama anak anak kita di zaman era digital ini. Minimalnya, lanjut Imron, sedikit paham di era digital.

"Jangan lalu gaptek dan enggak mau tau. Karena sekarang informasi sangat cepat didapat melalui medsos," ujar Imron.

Untuk itu, menjelang diselenggarakannya pesta demokrasi 2024, diharapkan juga agar para kaum milenial dapat bermedsos dengan bijak dan juga tidak berita-berita hoax. Apa lagi, lanjut dia, membuat konten-konten yang tidak benar.

"Agar tidak berurusan dengan aparat penegak hukum," katanya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Cirebon, Bambang Sudaryanto, melalui Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Eka Swandi, menjelaskan, bahwa kegiatan di seminasi informasi melalui pertunjukan rakyat tradisional tahun 2023 ini merupakan cara efektif untuk menyampaikan langsung informasi seputar pemilu kepada masyarakat.

Selain dapat menyampaikan langsung informasi kepada masyarakat, Diskominfo juga secara langsung telah mempromosikan seni budaya lokal agar tetap terjaga dan dilestarikan.

Dalam cerita sandiwara yang di bawakan oleh grup Jaya Baya ini, seputar informasi jelang pesta demokrasi tahun 2024, yang mana Diskominfo mengajak masyarakat lebih cerdas dalam memilih calon pemimpin bangsa. Karena pemilih cerdas menentukan masa depan bangsa sesuai dengan tema yang diangkat.

"Sisipan ceritanya bayak pesan dan ajakan agar masyarakat mengunakan hak suaranya yang tepat dan tidak golput. Serta tidak terhasut dalam berita berita bohong atau hoax terkait pemilu," katanya. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut