get app
inews
Aa Read Next : Selamatkan Generasi Bangsa, Penanganan Stunting Jadi Program Unggulan Kesira Jabar

Fokus Bina UMKM di Dapil Jabar 13, Tina Wiryawati Ingin Ekonomi Kerakyatan Maju

Selasa, 07 November 2023 | 11:13 WIB
header img
Konsisten membina pelaku UMKM di Dapil Jabar 13, Anggota DPRD Jabar Hj Tina Wiryawati mengaku ingin memajukan ekonomi kerakyatan di kalangan masyarakat. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id – Konsisten membina para pelaku UMKM di Dapil Jabar 13, Anggota DPRD Jabar Hj Tina Wiryawati mengaku ingin memajukan ekonomi kerakyatan di kalangan masyarakat. Sebab UMKM menjadi penopang ekonomi nasional demi kemajuan bangsa.

Pembinaan UMKM dilakukan secara fokus dan berkelanjutan, agar pelaku usaha terus berkembang dan tidak gulung tikar. Salah satunya melalui pelatihan membuat makanan ringan bagi kalangan ibu rumah tangga di Desa Nangka, Kecamatan Kadugede, Kuningan.

Menurut Hj Tina Wiryawati selaku Anggota Fraksi Gerindra DPRD Jabar, pelatihan untuk membuat produk rumahan sebagai cara menambah penghasilan keluarga. ”Pelatihan itu sebagai upaya nyata mendukung peningkatan kesejahteraan para ibu rumah tangga yang berwirausaha di bidang UMKM,” kata Wasekjen DPP Partai Gerindra, Hj Tina Wiryawati dalam rilisnya, Selasa (7/11/2023).

Menurutnya, perkembangan usaha makanan ringan rumahan yang digeluti pelaku UMKM khususnya ibu-ibu rumah tangga, mengalami peningkatan yang signifikan. Mereka berhasil menjual produk-produk UMKM hingga ke rumah-rumah tetangga melalui promosi media sosial.

“Alhamdulillah hasil penjualan makanan ringan ini mencapai 2,5 kg dalam 2 pekan. Insya Allah, saya berkomitmen untuk terus memberikan bimbingan dan pembinaan kepada pelaku UMKM rumahan ini, termasuk membantu mereka dengan perizinan seperti PIRT, NIB, dan lainnya,” tekadnya.

Tak hanya itu, Ia menyebut, jika sebagian pelaku UMKM dari kalangan ibu rumah tangga juga berhasil mendapat bantuan pinjaman modal dari perbankan. Bahkan jumlah tambahan modal itu cukup lumayan senilai Rp 20 juta.

“Jujur saya terharu ya dan bangga dengan mereka. Bangga dengan semangat wirausaha tinggi dari ibu-ibu rumah tangga di Kabupaten Kuningan,” ucapnya.

Dia mengaku, jika pembinaan wirausaha bagi pelaku UMKM sekaligus sebagai momentum memperingati Hari Perempuan Desa se Dunia. Serta sosialisasi Perda Jawa Barat nomor 15 tahun 2017 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut