get app
inews
Aa Read Next : Usai Tugas Pemilu, Pamsung TPS di Indramayu Meninggal Dunia

Ratusan Hansip di Kota Cirebon Dilatih TNI untuk Amankan TPS saat Pemilu

Rabu, 29 November 2023 | 19:49 WIB
header img
Ratusan Hansip di Kota Cirebon saat mengikuti pelatihan. Foto: Ist

CIREBON, iNewsIndramayu.id-Ratusan Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas) atau biasa dikenal Hansip di Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, dilatih oleh aparat TNI untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024. Para Hansip ini diberi pelatihan khusus untuk menjaga keamanan dan ketenteraman di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua KPU Kota Cirebon, Mardeko menyampaikan, Satlimas bagi KPU sangat strategis. Karena sebagai garda terdepan untuk memberikan rasa aman nyaman, tertib dan ketentram bagi petugas KPPS saat bertugas tugas di TPS. 

"Mulai dari tahapan TPS Linmas sudah mulai di libatkan, kemudian pengawalan kotak suara serta menjaga ketertiban saat penghitungan suara," ujarnya, Rabu (29/11).

Menurutnya, Satlinmas merupakan pengamanan dari unsur masyarakat dan dibekali kemampuan untuk membantu penanganan bencana, memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

"Tugas Satlinmas ini salah satunya membantu kegiatan memelihara ketenteraman dan ketertiban pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum, serta membantu upaya pertahanan negara," katanya.

Kata dia, sesuai dengan adanya dasar hukum, maka tiap TPS wajib memiliki dua orang Linmas untuk mengawasi dan membantu penyelenggaraan Pemilu. Posisi Satlinmas dalam penyelenggaraan Pemilu merupakan posisi yang sangat penting. 

"Hal ini karena Satlinmas bertugas mulai dari saat pembuatan TPS hingga selesainya penghitungaan suara dilakukan. Melihat tugas yang begitu beratnya. Anggota Linmas yang dapat bertugas di TPS hanya yang dinyatakan sehat setelah dilakukan uji kesehatan dan akan diberikan batasan usia maksimal di Pemilu 2024," ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0614/Kota Cirebon, Letkol Inf Robil Syaifullah menyebutkan, jumpah anggota Satlinmas yang di libatkan untuk pengamanan di Pemilu 2024 berjumlah 3082. Mereka tersebar disetiap kecamatan dan akan mendapat pelatihan tersebut selama dua hari.

"Pelatihan ini di lakukan selama dua hari hari pertama materi oleh TNI, KPU, Satpol PP dan BPBD dan hari kedua akan dilakukan pelatihan kedisplinan," katanya 

Menurutnya, dalam rangka menghadapi Pemilu Serentak 2024, peran dan tugas yang sangat besar dalam menjaga dan mengamankan saat pemungutan suara di TPS,.

"Kegiatan ini diharapkan petugas Satlinmas dapat menginformasikan kembali kepada masyarakat. Satlinmas sebagai petugas keamanan dilingkungan masing masing dalam memelihara keamanan dan kenyamanan masyarakat," pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut