get app
inews
Aa Read Next : Imbas Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka Bandung, Begini Kata Manager Humas Daop 3 Cirebon

Tabrakan Kereta Api di Bandung Terungkap, Menhub: Ada Pelanggaran SOP!

Kamis, 18 Januari 2024 | 14:00 WIB
header img
Penampakan kecelakaan maut yang terjadi pagi tadi (5/1/2024) antara KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya di Stasiun KA Haurpugur, Kabupaten Bandung (Foto: Liputan6.com)

JAKARTA, iNewsIndramayu.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan salah satu indikasi penyebab terjadinya kecelakaan Kereta Api (KA) Turangga dengan KA Lokal di Cicalengka, Jawa Barat adanya pelanggaran SOP (Standar Operasional Prosedur).

"Bahwa ada satu kemungkinan, ada kesalahan teknis, pelanggaran SOP, berarti faktor manusia, dan lain lain yang sedang kita identifikasi," ujar Menhub dalam Raket Bersama Komisi V DPR RI, Kamis (18/1/2024).

Berkaitan adanya kecelakaan tersebut, Menhub mengatakan setidaknya ada 3 rencana yang disiapkan untuk meningkatkan faktor keamanan perjalanan Kereta Api kedepannya.

Pertama dalam jangka pendek, Menhub berjanji bakal melakukan reformasi dan pembaharuan terkait SOP operator kereta api. Reformasi Sumber Daya Manusia, dikatakan Menhub, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka meningkatkan faktor keselamatan para pengguna Kereta Api.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut