get app
inews
Aa Read Next : Tali Asih Komandan Seskoad, Berikan Bantuan Sosial untuk Renovasi Masjid di Garut

Wisata Ikonik, Intip Keindahan Pantai Sayang Heulang di Garut

Kamis, 18 Januari 2024 | 15:00 WIB
header img
Monumen dua sayap elang di kawasan pantai Sayang Heulang Garut. (Foto Fb/@dikisandi)

GARUT, iNewsIndramayu.id - Pantai Sayang Heulang menjadi salah satu destinasi wisata ikonik di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Destinasi wisata pantai yang beralamat di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, ini menawarkan pesona alam yang indah dan mempesona.

Pantai Sayang Heulang seringkali menjadi lokasi tujuan wisata saat hari libur tiba. Terlebih, jika bertepatan pada momen libur lebaran atau tahun baru.

Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam ombak pantai Garut Selatan. Hamparan pasir putih ditambah hembusan angin yang sejuk membuat pengunjung akan betah berlama-lama di pantai ini.

Pantai Sayang Heulang sendiri merupakan salah satu ikon pariwisata di Garut. Sehingga menjadikan wisata ini sebagai salah satu spot foto menarik di Garut.

Dengan adanya proses revitalisasi atau penataan kawasan yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), mampu mengubah wajah Pantai Sayang Heulang semakin menakjubkan.

Total anggaran Rp14 miliar lebih yang digelontorkan Pemprov Jabar itu, membuat penataan kawasan Pantai Sayang Heulang menjadi semakin indah. Bahkan, kehadiran beberapa spot baru ikut mempercantik kawasan ini.

Suasana itu semakin lengkap dengan hadirnya spot jembatan, menara pandang, hingga area kuliner di bibir pantai, dengan menu utama ikan laut hasil tangkapan warga sekitar.

Munculnya monumen dua sayap elang di kawasan pantai Garut Selatan ini, menjadikan tugu sayap tersebut sebagai ikon baru di Pantai Sayang Helang, dan seringkali dijadikan tempat titik berswafoto para wisatawan.

Harga tiket masuk Pantai Sayang Heulang sangat terjangkau, pengunjung cukup membayar Rp10 per orang. Adapun biaya tambahan parkir kendaraan sebesar Rp3 ribu untuk sepeda motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

Namun, tarif tersebut bisa saja berubah-ubah tergantung kebijakan pihak pengelola wisata. Untuk jam operasionalnya, pantai ini buka selama 24 jam setiap harinya.

Di area pantai ini juga sudah terdapat fasilitas lengkap, seperti area parkir, kamar mandi, musala, gazebo, restoran atau rumah makan, hingga penginapan dengan harga bervariatif. Sehingga memudahkan para pengunjung ketika kekurangan bahan makanan ataupun ada niat untuk bermalam.

Rute menuju pantai ini cukup mudah. Dari pusat kota Garut arahkan kendaraan anda ke jalur selatan menuju arah Cikajang. Setelah itu, teruskan perjalanan menuju arah Pameungpeuk sampai anda bertemu dengan tanda Bukit Teletubies dan gapura.

Lanjutkan perjalanan anda dengan masuk ke gapura tersebut. Teruskan perjalanan hingga melewati persimpangan Bukit Teletabies. Tak lama anda akan sampai di Pantai Sayang Heulang.

Ayo liburan ke Garut, kunjungi setiap destinasi wisata alam ataupun kuliner yang ada di Kota Dodol ini.(*) 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut