get app
inews
Aa Read Next : Bekali Santri, PCNU Indramayu Menggelar Pelatihan Literasi Digital

Pemkab Majalengka Launching Program Kencan Data, Wadah Literasi Digital Bagi Masyarakat

Kamis, 01 Februari 2024 | 21:00 WIB
header img
Pemerintah Kabupaten Majalengka melauncing Program Kencan Data. (Foto: Ist)

MAJALENGKA, iNewsIndramayu.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, melalui Bidang Statistik Sektoral dan Persandian melaunching Program "Kencan Data".

Launcing program tersebut dikemas dalam acara Talk Show yang bertajuk "Majalengka Merespon Bersama" di Radio LPPL Radika 99.8 FM Majalengka.

Program Kencan Data ini di launching secara langsung oleh Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi, Kamis (1/2/2024).

Kepala Diskominfo Kabupaten Majalengka, Gatot Sulaeman, mengucapkan rasa terima kasih atas kesediaan Pj Bupati hadir bersama untuk melaunching program "Kencan Data" (Kenali,Cukupi, dan Analisis Nilai Data) yang dikemas dalam acara talkshow di Radio Radika 99.8 FM.

Ia menjelaskan, program Kencan Data merupakan bagian dari literasi data yang di dalamnya terdapat beberapa program, yaitu Webinar Kencan Data, Talkshow Kencan Data, Visualisasi Bewara Statistik dan Edukasi Data (Bestie) data.

Gatot menerangkan, kaitan dengan informasi data yang menyangkut tentang pemerintahan, pembangunan, aspek budaya, kemasyarakatan, serta hal lainnya di Kabupaten Majalengka, dapat dilihat dan diakses dalam sebuah sistem database yang bernama Open Data. Open data tersebut dapat diakses di laman opendata.majalengkakab.go.id.

"Open data tersebut memberikan informasi mengenai data-data setidaknya dibagi kedalam 10 topik yang berkaitan dengan ekonomi, infrastruktur, kemiskinan, kependudukan, kesehatan, lingkungan hidup, pariwisata dan kebudayaan, pemerintahan desa, pendidikan, dan sosial," jelas Gatot.

Gatot mengatakan, program ini sebagai salah satu tugas pokok dan fungsi Diskominfo Majalengka untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya dalam menyampaikan informasi serta literasi data digital melalui media sosial (medsos,) baik itu di Instagram Diskominfo Majalengka maupun di Instagram Open Data setiap hari Kamis melalui tajuk Bestie Data.

Menurut dia, Bestie Data tersebut menyuguhkan informasi terupdate tentang perkembangan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Untuk itu kami segenap keluarga besar Diskominfo Majalengka menyampaikan rasa terima kasih kepada Pj Bupati Majalengka yang telah berkenan hadir dalam launching perdana platform Kencan Data di YouTube dan Radio Radika, sehingga kita akan membanjiri informasi-informasi yang positif bagi masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, dalam acara Talkshow Kencan Data di Radio Radika, Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi, menyambut baik dan mengapresiasi launching program Kencan Data yang di gagas oleh Diskominfo Kabupaten Majalengka melalui Bidang Statistik Sektoral dan Persandian.

Ia mengungkapkan, isi daripada program Kencan Data ini adalah hal-hal yang menyangkut perkembangan Kabupaten Majalengka secara data, baik menyangkut pemerintahan, pembangunan, sosial kemasyarakatan, pemberdayaan kepariwisataan, dan hal-hal lainnya.

Dedi menilai, program Kencan Data ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Majalengka, dengan menyuguhkan berbagai informasi berbasis data yang tak perlu diragukan lagi keabsahannya. 

"Hal tersebut juga menjadi bagian dari literasi digital agar warga Majalengka naik kelas. Disamping itu, ke depannya nanti kita agendakan untuk berbagai perangkat daerah diundang datang kesini, untuk memberikan ekspose terkait perkembangan dan hal-hal lainnya yang penting untuk diinformasikan kepada masyarakat," ungkap Dedi.

Selain itu, pendesiminasian informasi dan juga data melalui berbagai saluran informasi salah satunya peran radio juga sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut, kata Dedi, agar terciptanya jaringan- jaringan komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat.

"Dengan berbagai cara penyampaian informasi tersebut diharapkan masyarakat dapat merasakan bahwa pemerintah hadir untuk masyarakat dalam memberikan informasi yang bermanfaat," pungkasnya. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut