get app
inews
Aa Read Next : Wabup Cirebon Ingin Sayuran dan Telur Puyuh Dikonsumsi Anak Agar Tak Stunting

Cegah Stunting Sejak Bayi, Lakukan 5 Cara Ini!

Selasa, 06 Februari 2024 | 13:00 WIB
header img
Cara mencegah stunting sejak bayi. (Foto: Ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNewsIndramayu.id - CARA mencegah stunting dari bayi akan diulas dalam artikel ini. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan akibat kekurangan gizi.

Penyebab utama stunting, yakni kekurangan asupan gizi saat janin masih berada di dalam kandungan. Hal itu akan berdampak munculnya gangguan perkembangan otak, kecerdasan, pertumbuhan fisik, dan metabolisme pada anak-anak.

Meskipun demikian, stunting dapat diatasi dengan memberikan nutrisi yang seimbang dan bergizi. Dilansir dari Hermina Hospital, Senin (5/2/2024), Okezone merangkum lima cara mencegah stunting dari bayi. Simak informasi selengkapnya.

Malnutrisi atau kekurangan nutrisi merupakan salah satu ancaman kesehatan secara global lantaran berimbas terhadap kelemahan secara fisik, kognitif, dan psikologis. Maka dari itu, penting mencegah stunting dari bayi Anda.

1. Penuhi kebutuhan gizi sejak kehamilan

Wanita yang sedang hamil disarankan mengonsumsi makanan sehat, serta suplemen yang bagus untuk pertumbuhan janin. Hal itu berguna memenuhi kebutuhan gizi dan mencegah stunting ketika bayi lahir.

2. Berikan ASI

Disarankan untuk memberikan ASI secara teratur dengan kurun waktu 6 bulan pada bayi. Hal itu bertujuan untuk mengurangi stunting. ASI mengandung nutrisi mikro, makro, dan protein kolostrum dan whey yang dapat meningkatkan kekebalan imun tubuh.

3. Pantau perkembangan bayi

Orang tua disarankan untuk rutin memantau pertumbuhan bayi, mulai dari tinggi hingga berat badan. Selain itu, dianjurkan juga membawa anak ke Posyandu atau klinik setempat guna mendeteksi gejala awal stunting dan memahami cara pencegahannya.

4. Lengkapi dengan makanan sehat

Setelah bayi mencapai usia 6 bulan, ibu dapat memperkenalkan makanan pendamping ASI. Pastikan pilihan makanan dengan cukup nutrisi makro dan mikro yang sebelumnya diperoleh dari ASI.

Akan tetapi, berhati-hati memilih produk tambahan, apabila bayi mengalami reaksi tidak nyaman sesudah mengonsumsinya, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

5. Jaga kebersihan lingkungan

Penyakit diare menjadi salah satu pemicu stunting disebabkan paparan produk limbah yang masuk ke dalam tubuh. Kerap kali anak yang sedang aktif kurang memperhatikan kebersihan lingkungan.

Maka dari itu, anak-anak sangat rentan terhadap penyakit. Meski demikian, peran orang tua harus proaktif dalam membersihkan area bermain dan memantau kesehatan anak-anak. (*) 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut