get app
inews
Aa Read Next : H-4 Lebaran, Jalur Arteri Pantura Indramayu Mulai Dipadati Pemudik

Arus Balik Mudik Lebaran: Trafik Pelabuhan Bakauheni Menuju Pulau Jawa Landai

Selasa, 16 April 2024 | 17:37 WIB
header img
Suasana antrean kendaraan saat menunggu penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni. (Foto: MPI/Ira Widyanti)

LAMPUNG SELATAN, iNewsIndramayu.id -Trafik penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pulau Sumatra menuju Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, terpantau relatif landai pada H+5 Lebaran 2024. Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, mengungkapkan bahwa sebagian besar pemudik yang datang ke Sumatra telah kembali ke Pulau Jawa, sesuai dengan data arus mudik sebelumnya.

Menurut Shelvy, puncak arus balik terjadi pada akhir pekan sebelumnya, yaitu Sabtu (13/4/2024) dan Minggu (14/4/2024). Hal ini diprediksi karena masa libur Hari Raya Idul Fitri akan berakhir, dan aktivitas para pekerja, termasuk anak sekolah, kembali normal pada hari Selasa (16/4/2024) besok.

Shelvy juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna jasa penyeberangan ASDP atas pengertian dan kesabaran mereka selama arus balik akhir pekan kemarin. Dia juga membagikan data dari Posko Bakauheni, yang mencatat jumlah kapal yang beroperasi dan realisasi penumpang serta kendaraan.

Pada Minggu (14/4/2024), terdapat 34 unit kapal yang beroperasi, dengan total penumpang sebanyak 159.681 orang dan kendaraan roda dua sebanyak 19.792 unit. Sementara kendaraan roda empat mencapai 18.596 unit, dengan total produksi seluruh kendaraan mencapai 39.729 unit.

Dalam rentang waktu 11-14 April 2024 (H+1 s/d H+4), sebanyak 387.204 penumpang telah kembali ke Pulau Jawa dari Sumatera, mencakup 46% dari total penumpang yang berangkat dari Pulau Jawa pada arus mudik. Sedangkan untuk kendaraan roda dua, sebanyak 41.963 unit telah kembali ke Jawa, mencapai 54% dari total kendaraan yang berangkat dari Pulau Jawa pada periode mudik.

Adapun kendaraan roda empat yang telah kembali ke Jawa mencapai 47% dari total kendaraan yang berangkat dari Pulau Jawa saat arus mudik. Total seluruh kendaraan yang telah kembali dari Sumatra ke Pulau Jawa pada rentang waktu tersebut mencapai 93.025 unit atau 47% dari total kendaraan yang berangkat dari Pulau Jawa saat arus mudik.

Di sisi lain, jumlah kapal yang beroperasi penyeberangan rute Panjang-Ciwandan adalah 3 unit dengan total pelayanan mencapai 8 trip. Secara akumulatif, Pelabuhan Panjang menuju Ciwandan melayani 4.230 penumpang dengan total jumlah kendaraan mencapai 1.963 unit.

Meskipun demikian, pihak terkait terus memantau situasi arus balik untuk memastikan kelancaran dan keamanan dalam penyeberangan menuju Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang. (*)
 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut