get app
inews
Aa Read Next : Kilang Balongan back-to-back Champion Turnamen Basket Antar Kilang Se-Indonesia

Jalan Depan Kilang Balongan Bakal Ditutup Permanen, Begini Solusi yang Disiapkan Pertamina

Minggu, 25 Agustus 2024 | 12:35 WIB
header img
Sosialisasi pelebaran jalan di Balai Desa Sukaurip, Kecamatan Balongan, Indramayu, beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan akan menutup secara permanen jalan raya yang berada tepat di seberang Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat. 

Penutupan jalan ini merupakan rekomendasi pemerintah agar jalan yang semula biasa dilalui mayarakat umum tersebut untuk dijadikan buffer zone atau zona penyangga yang bebas dari aktifitas masyarakat umum demi keamanan dan keselamatan bersama.

Sebagai konsekuensinya, Kilang Balongan akan melebarkan ruas jalan Desa Sukaurip-Sukareja yang semula memiliki lebar 4-5 meter menjadi menjadi 8 meter sejauh 2,4 kilometer sebagai pengalihan arus.

“Jalan depan Kilang Balongan baru akan ditutup ketika pelebaran jalan Sukaurip-Sukareja ini sudah selesai dilaksanakan," kata Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPU RU VI Balongan, Mohamad Zulkifli, pada acara Sosialisasi di Balai Desa Sukaurip dan Sukareja beberapa waktu lalu.

Dikatakan Zulkifli, salah satu dasar implementasi buffer zone ini adalah insiden kebakaran tangki kilang pada bulan Maret 2021 lalu yang berdampak terhadap masyarakat sekitar kilang.

“Pertamina bersama Pemda Indramayu sudah menyiapkan skema terbaik agar pelebaran jalan yang akan digunakan sebagai pengalihan arus dari jalan yang ditutup ini aman terhadap aktivitas masyarakat,” terang Zulkifli.

Camat Balongan, Opik Hidayat, saat memberikan sosialisasi kepada masyarakat menyampaikan bahwa jalan yang akan dilebarkan adalah lahan yang masih milik negara. Sedangkan untuk kualitas jalannya juga akan ditingkatkan sehingga kuat ketika dilintasi truk-truk tangki Pertamina.

“Ketika pelebaran jalan selesai, truk tangki Pertamina juga akan diatur waktu melintasnya, kami yakinkan pada jam masuk dan keluar sekolah untuk tidak melintas,”ujar Opik.

Opik juga menyampaikan, pada pelaksanaan proyek pelebaran jalan ini, dipastikan akan melibatkan warga sekitar sesuai dengan kompetensi yang dimiliki serta disesuaikan dengan kebutuhan dari kontraktor pelaksana.

Pada agenda sosialisasi yang dihadiri warga dari Desa Sukareja, Sukaurip, Majakerta, dan Balongan tersebut, Pertamina dan Pemda Indramayu cukup banyak menerima aspirasi dari masyarakat sehingga kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap jalan di desanya dapat ditindaklanjuti demi kepentingan bersama.

Sementara itu, Groundbreaking proyek pelebaran ruas jalan Desa Sukaurip-Sukareja di Kecamatan Balongan ini direncanakan akan dilaksanakan pada 26 Agustus 2024. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut