get app
inews
Aa Read Next : PWNU Jabar Tentukan Sikap Menolak Wacana Muktamar Luar Biasa Nahdlatul Ulama, Begini Alasannya

Pertagas Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Bagi Generasi Muda di Indramayu

Kamis, 19 September 2024 | 14:17 WIB
header img
Pelatihan Pemandu Wisata dan Interpreter untuk pengembangan wisata di Desa Juntinyuat, Indramayu

INDRAMAYU,iNewsIndramayu.id - PT Pertamina Gas (Pertagas) yang merupakan afiliasi dari Subholding Gas Pertamina melalui unit usahanya yakni Operation West Java Area (OWJA) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan masyarakat melalui program pemberdayaan. 

Kali ini Pertagas berkolaborasi bersama Karang Taruna, pengelola wisata Pantai Rembat, dan para konten kreator lokal mengadakan pelatihan Pemandu Wisata dan Interpreter untuk pengembangan wisata di Desa Juntinyuat, Indramayu, pada hari Rabu (18/09/2024).

Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh potensi wisata yang belum dimanfaatkan secara maksimal, khususnya di Pantai Rembat. 

Berlandaskan situasi tersebut Pertagas mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan sumber daya manusia (SDM) pengelola wisata, serta anak muda setempat agar dapat mengelola potensi wisata desa dengan lebih baik dan berkelanjutan dengan mengundang Ibu Ela Nurlaela, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Indramayu selaku narasumber.

Diikuti sebanyak 35 peserta, terdiri dari pemuda Karang Taruna, pengelola wisata Pantai Rembat, dan konten kreator lokal mendapatkan materi mengenai aspek-aspek penting seperti mengenali potensi wisata, menciptakan suasana aman dan nyaman, keterampilan dalam memberikan pelayanan pemanduan wisata yang profesional, serta kemampuan menginterpretasikan berbagai potensi wisata yang ada di Pantai Rembat.  

Wahyu selaku ketua Karang Taruna menyampaikan terima kasih kepada Pertagas atas penyelenggaraan pelatihan pengelolaan wisata Pantai Rembat. 

“Pelatihan yang diadakan oleh Pertagas sangat bermanfaat. Kami selaku Karang Taruna menjadi lebih percaya diri mengelola wisata secara profesional,” ujar Wahyu.

Dalam kesempatan ini para peserta sangat antusias menyampaikan ide-ide inovatif untuk mendorong kemajuan wisata Pantai Rembat, seperti paket wisata tanam mangrove, atraksi kebudayaan, dan penggunaan kendaraan listrik untuk tur desa.

Head of External Relation East Region, Yedo Kurniawan menuturkan "Pertagas terus berkomitmen melakukan pendampingan CSR dan peningkatan potensi masyarakat, melalui pelatihan pemandu wisata merangkul generasi muda memberikan dampak terhadap peningkatan kunjungan wisata ke pantai Rembat." 

Selain itu beliau menyampaikan kolaborasi konten kreator lokal juga diharapkan dapat semakin memperluas jangkauan promosi wisata di Desa Juntinyuat untuk menarik para wisatawan.

Melalui program CSR, Pertagas terus berkomitmen menjalankan operasi bisnis yang tidak hanya berfokus pada keuntungan, tetapi juga mendukung penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dan sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG), ucap Yedo.***

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut