get app
inews
Aa Read Next : Pilkada 2024: KPU Tetapkan Nomor Urut Ketiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu

Waspada Hoaks saat Pilkada 2024, AMSI Jabar Bekali Media Soal Kemampuan Cek Fakta

Minggu, 06 Oktober 2024 | 11:35 WIB
header img
Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat menggelar training Cek Fakta dalam rangka melawan gangguan informasi dan hoaks menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. (Foto: Istimewa)

Pada pelatihan ini, para peserta diberikan pengetahuan tentang teknik-teknik verifikasi fakta, penggunaan teknologi dalam mengecek keaslian sebuah informasi, serta strategi melawan kampanye hitam yang sering muncul di masa pemilu. 

Selain itu, peserta juga dilatih untuk mengidentifikasi sumber informasi yang valid dan melakukan investigasi mendalam terhadap klaim-klaim yang beredar di ruang publik.

Pada kesempatan tersebut, para peserta yang terdiri dari media online dan cetak di Jabar berharap, dengan kemampuan cek fakta yang lebih baik media bisa lebih efektif dalam menangkal informasi sesat, yang sering kali digunakan sebagai alat propaganda politik.

Dengan terselenggaranya pelatihan Cek Fakta ini, AMSI Jabar optimis bahwa media di Jabar akan lebih siap menghadapi tantangan dalam memberantas hoaks dan gangguan informasi, sehingga masyarakat dapat menerima informasi yang benar dan akurat dalam menentukan pilihannya pada Pilkada 2024.

Dalam pelatihan Cek Fakta ini, AMSI menghadirkan dua trainer atau pemateri yang berkompeten di bidangnya, yaitu Adi Marsiela dari aliansi jurnalis independen (AJI) dan Johanes Heru Margianto  dari Managing Editor Kompas.com . (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut