Miniatur Lokomotif Uap DD5208 'Si Gombar' Ditempatkan di Stasiun Garut

Fani Ferdiansyah
Miniatur cetak tridimensi lokomotif uap DD5208 atau yang dikenal 'Si Gombar' resmi ditempatkan di Stasiun Garut, setelah sebelumnya sempat berkeliling ke beberapa lokasi di Pulau Jawa.

Sebelumnya, miniatur lokomotif uap dengan skala 1:4 ini telah berkeliling ke beberapa lokasi di Pulau Jawa. Miniatur pertama kali dipamerkan di Museum Lawang Sewu pada Juli 2023, yang kemudian berpindah pameran ke Stasiun Surabaya Gubeng, Agustus 2023.

Setelahnya, miniatur tersebut dipamerkan juga di Stasiun Yogyakarta Tugu pada September 2023, lalu Stasiun Purwokerto pada Oktober 2023, dan Stasiun Bandung November 2023 kemarin. 

Sebelum berakhir di Garut, kegiatan roadshow ke sejumlah daerah itu terwujud melalui kerjasama sejumlah pihak, seperti komunitas Indonesian Railway Preservation Society (IRPS), PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan PT Tridi Zaiku Indonesia (3D Zaiku). 

“Kami mengajak masyarakat Garut untuk hadir menyaksikan langsung miniatur lokomotif uap DD5208 ini karena lokomotif ini merupakan salah satu lokomotif bersejarah yang pernah berdinas di wilayah pegunungan Priangan Barat maupun Priangan Timur, dengan daya jelajah membentang dari Purwakarta hingga ke Garut, Cikajang, dan Tasikmalaya. Sehingga secara alamiah, jalur Cibatu-Garut merupakan salah satu habitat utama dari lokomotif ini,” papar Mariyanto.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network