get app
inews
Aa Read Next : 5 Tips Liburan Hemat Anti Bangkrut

Cara Membersihkan Lemak Membandel Pada Peralatan Masak

Selasa, 12 Juli 2022 | 13:44 WIB
header img
Ilustrasi peralatan masak. Foto: eak_kkk

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Olahan makanan bersantan dan berlemak kerap menimbulkan persoalan tersendiri pada peralatan masak. Tak jarang, banyak yang mengeluhkan lemak membandel pada peralatan masak usai mengolah daging.

 

Ada kalanya, sisa-sisa makanan dan lemak yang mengerak usai memanaskan daging berulang kali membuatnya berkerak dan sulit dihilangkan. Bahkan tak jarang meski sudah menggunakan sabun cuci piring berkali-kali, lemak tetap masih membandel.

 

Simak sejumlah tips untuk membersihkan lemak membandel pada peralatan masak yang perlu diketahui.

 

  1. Merendam cucian

Langkah pertama usai memasak atau saat hendak mencuci, usahakan rendam terlebih dahulu piring atau peralatan masak dengan air hangat dan ditambahkan air sabun dan diamkan beberapa saat hingga sisa makanan bisa dibersihkan. Merendam peralatan yang akan dicuci terlebih dahulu juga bisa menghemat air dan sabun dibanding mencucinya satu persatu di bawah air keran.

 

  1. Pakai garam

Garam selain sebagai bumbu untuk memasak, juga bisa menjadi pembersih peralatan makan. Caranya, ambil garam secukupnya lalu gosokkan pada peralatan yang penuh lemak. Setelah itu biarkan hingga senyawa garam bekerja dengan baik dan sisa lemak dan makanan mengelupas. Selanjutnya cuci dengan sabun cuci piring.

 

  1. Jeruk lemon

Jeruk lemon selain bisa dikonsumsi ternyata juga bisa menjadi pembersih peralatan memasak yang dipenuhi lemak membandel lho. Sifat jeruk lemon yang asam mampu membasmi noda dan lemak membandel yang menempel pada peralatan dapur. 

 

  1. Gunakan baking soda

Untuk menghilangkan lemak pada peralatan memasak juga bisa mencampurkan 1 sendok makan baking soda ke dalam air pencuci piring. Rendam sambil gosok pada permukaan yang terkena noda minyak dan lemak. Setelah itu, cuci seperti biasa peralatan masuk dengan sabun.

 

Itulah sejumlah cara untuk membersihkan lemak membandel pada peralatan masak secara mudah dan praktis dilakukan di rumah.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut