get app
inews
Aa Read Next : Panwascam Plered Fokus Tungsura

Bawaslu Indramayu Ajak Partisipasi Masyarakat Awasi Pemilu 2024

Sabtu, 17 September 2022 | 08:24 WIB
header img
Komisioner Bawaslu Kabupaten Indramayu dan Sekretariat Bawaslu saat pelaksanaan sosialisasi pengawasan partisipatif. (saprorudin)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Bawaslu Kabupaten Indramayu mengajak partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk mengawasi  Pemilu 2024 seiring telah dimulainya tahapan pemilu itu sejak Juni 2022 kemarin. Ajakan itu disampaikan Bawaslu saat menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif di Aula Hotel Trisula Indramayu, Jumat (16/9/2022).

Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu, Nurhadi mengatakan dibutuhkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama mengawasi tahapan-tahapan pemilu. Tahapan pemilu kata dia dilaksanakan selama 20 bulan sebelum hari H pemungutan suara.

“Tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan sejak Juni 2022 kemarin. Saat ini  masih berjalan tahapan verifikasi administrasi (vermin) partai politik calon peserta pemilu,” kata Nurhadi disela-sela sosialsiasi.  

Intinya kata dia, melalui sosialisasi ini  Bawaslu Indramayu menggerakan kembali kesadaran masyarakat untuk berpartisiapsi mengawasi tahapan pemilu.  Upaya-upaya pencegahan itu sesuai rencana strataegis Bawaslu, berkolaborasi dan bekerjasama dengan lembaga-lembaga masyarakat  bersama mengawasi pemilu.

“Karena tahapan pemilu sudah mulai, kita aktifkan kembali pengawasan partisipatif masyarakat,” tandasnya.

Ditambahkan Pemilu 2024 untuk memilih anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

“Pemilu 2024 akan dilaksanakan tanggal 14 Februari sedangkan Pilkada pada 27 November 2024,” tambahnya.

Hal serupa dikatakan, Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Supriyadi. Menurutnya, dalam sosialisasi ini pihaknya mengundang organisasi kepemudaan/ mahasiswa dan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) untuk mengajak dan menumbuhkan satu kesadaran bersama bahwa pemilu harus diawasi bersama.

“Kita sadar bahwa Bawaslu sebagai lembaga yang punya peranan untuk mengawasi tidak akan mampu bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dan partisipasi masyarakat. Oleh karenanya dibutuhkan dukungan dari berbagai komponen masyarakat untuk  menciptakan suatu gerakan pengawasan bersama,” tambahnya.

Menurutnya, karena yang diundang ini adalah berbagai komponen kepemudaan/mahasiswa dan NPCI diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi pengurus dan anggotanya agar terlibat aktif dalam melakukan pengawasan partisipatif Pemilu 2024 termasuk tahapannya.

“Pemilu bukan milik KPU dan Bawaslu tapi milik bersama maka semua masyarakat berhak mengawasi semua tahapan pemilu,” pungkasnya.

Sementara itu salasatu peserta, perwakilan NPCI Indramayu, Didi Kusridi mendukung ajakan Bawaslu dalam melakukan pengawasan pemilu termasuk tahapan-tahapannya melibatkan seluruh komponen masyarakat. Partisipasi masyarakat kata dia memang dibutuhkan demi terselenggaranya Pemilu 2024 berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. (safaro)

 

 

 

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut