get app
inews
Aa Read Next : Rayakan Imlek, PT KAI Daop 3 Cirebon Suguhkan Pertunjukan Barongsai dan Ornamen Khas Tionghoa

Sambut Perayaan Imlek, Vihara Dharma Rahayu Indramayu Bersihkan Tempat Ibadah

Rabu, 18 Januari 2023 | 19:32 WIB
header img
Vihara Dharma Rahayu Indramayu. (istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Menyambut perayaan Tahun Baru Imlek, Vihara Dharma Rahayu Indramayu melakukan bersih-bersih  tempat ibadah maupun patung-patung yang dianggap suci bagi mereka.  

Penjaga Vihara Dharma Rahayu, Uun (63) mengatakan, hampir setiap tahun menjelang perayaan Imlek, pihaknya melakukan bersih-bersih tempat ibadah seperti membersihan aksesoris setupa sampai patung-patung yang dianggap suci.

"Menyambut Hari Raya Imlek kami rutin melakukan bersih-bersih. Bersih-bersih itu, agar umat yang akan melakukan ibadah pada perayaan Imlek nanti bisa lebih nyaman," kata dia dalam keterangannya, Selasa (17/1/2023).

Uun menyebutkan, untuk saat ini jumlah penganut yang datang ke Vihara Dharma Rahayu Kabupaten Indramayu tidak terlalu banyak, paling kisaran 5 orang itu pun sudah pada tua.

Menurutnya, pada saat tertentu klenteng ini ramai dikunjungi pengunjung  seperti tahun baru Imlek, dan perayaan Cap GO Meh yakni 15 hari setelah perayaan imlek. Warga keturunan Tionghoa masih merayakan kirab Cap Go Meh sebagai akhir dari perayaan imlek.

Perayaan Kirab Cap Go Meh sendiri kata dia biasanya selalu ramai dan diikuti oleh beberapa warga keturunan dari berbagai daerah. Kirab sambungnya,  diiringi beberapa kesenian khas berupa kesenian Barangsay dan kesenian lainnya sambil menandu beberapa patung.

"Untuk tahun ini kita rencanakan akan diadakan tradisi perayaan Kirab Cap Go Meh pada kisaran 10 Februari 2023, dan perlu diketahu perayaan ini sempat tidak diadakan karena pandemic COVID-19," ujarnya.

Ia menyebutkan, klenteng atau Vihara biasanya ramai dikunjungi terutama pada saat awal bulan yakni tanggal 1-2 dan pertengahan bulan tanggal 14-15 dalam penanggalan China. Pada hari biasa, paling-paling hanya dikunjungi sekitar 5 orang saja. Meski demikian ia tidak menampik ada saja pengunjung atau wisatawan yang datang  untuk sekedar melihat klenteng.

Diketahui, Vihara Dharma Rahayu sendiri di bangun oleh Poey Soen Kam, pada tahun 1848 yang dulu bernama Klenteng An Tjeng Bio Indramayu, kemudian pada tahun 1880 dipindahkan ke depan oleh Tan Liong Siang.

Orang Indramayu sendiri lebih mengenal tempat ibadah di Jalan Veteran ini dengan nama Klenteng dari pada nama Vihara Dharma Rahayu. (safaro)

  

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut