get app
inews
Aa Read Next : Bukit Mercury, Sajikan Pemandangan Paling Indah di Majalengka dengan Landscape Gunung Ceremai

Jelang Imlek, Begini Persiapan Klenteng Hok Tek Tjeng Sin Majalengka

Sabtu, 29 Januari 2022 | 20:09 WIB
header img
Klenteng Hok Tek Tjeng Sin Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Foto: Erick Disy

MAJALENGKA - Aktivitas di Klenteng Hok Tek Tjeng Sin Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mulai sibuk. Kesibukan itu terlihat saat beberapa orang terlihat asik mengecat bagian pagar dan membersihkan rumput liar dibagian pelataran klenteng.

 

Aktivitas di klenteng yang berada di jalan Raya Jatiwangi-Ligung itu, dilakukan untuk persiapan dalam rangka menyambut perayaan Imlek tahun 2022.

 

Toin, Tauke Klenteng Hok Tek Tjeng Sin Jatiwangi mengatakan, aktivitas seperti itu biasa terlihat ketika menjelang Imlek. "kalau pengurus ada lagi. Di sini ada pengurus disebutnya Locu, Bwe Kau atau wakil pengurus. Nah saya mah, semacam marbot, kalau di Masjid mah," kata Toin, Sabtu (29/1/2022).

 

Ritual menjelang Imlek sendiri, Klenteng 

Hok Tek Tjeng Sin sudah dimulai Kamis (27/1/2022) kemarin. Sedangkan, mencuci patung adalah tahapan pertama menjelang pelaksanaan Imlek, Senin (1/2/2022) nanti. 

 

Ada sebanyak 4 patung yang dicuci menjelang Imlek itu. Satu patung di antaranya berbentuk hewan jenis macan. 

 

"Kemarin dicucinya. Patung Dewa Bumi sama pengikutnya, terus Macan. Di sini ada empat patung, termasuk patung macan itu," kata dia.

 

Pencucian beberapa patung sendiri, sekaligus menjadi 'start' sebelum peringatan Imlek mendatang. Imlek sendiri kemungkinan akan diikuti oleh beberapa umat, baik dari daerah Jatiwangi ataupun luar.

 

"Nanti malam Imlek, malam Senin mulai menyalakan lilin, sekitar jam 12 malam. Terus siangnya sembahyang," kata dia.

 

"Yang hampir dipastikan itu umat dari Kalimantan yang tinggal di sini. Terus ada juga umat dari luar daerah yang katanya akan sembahyang di sini. Hari H Imlek, hanya sembahyang aja," jelas dia.

 

Ritual hari H Imlek di Klenteng Hok Tek Tjeng Sin memang hanya diisi dengan Sembahyang saja. Namun, nyala Lilin di klenteng itu akan berlangsung selama beberapa hari. "Penyalaan lilin sampai tanggal 15 Februari," jelas dia.

 

Perayaan Imlek di Klenteng itu kemungkinan akan lebih ramai dibanding tahun lalu. 2021 kemarin, Sembahyang, sebagai perayaan Imlek hanya dilakukan oleh ummat dari sekitar saja.

 

"Karena tahun lalu itu COVID lagi tinggi kan, jadi kami hanya internal saja. Tahun sekarang mungkin ada puluhan orang yang akan sembahyang di sini," papar dia.

 

Dalam satu tahun, Imlek bukan satu-satunya ritual yang dilaksanakan Klenteng Hok Tek Tjeng Sin. Selain Imlek, ada juga perayaan Ulang Tahun Dewa Bumi dan Sembahyang Arwah Bumi.

 

"Jadi ada 3 kali dalam satu tahun. Imlek bukan Februari, Ulang Tahun Dewa Bumi bulan 3 dan Sembahyang Arwah bukan 9. Yang paling ramai mah Ulang Tahun Dewa Bumi, biasanya dihadiri Biksu juga," jelas dia.

 

"Untuk Imlek ini, mereka sembahyang masing-masing, tidak dipimpin Biksu," lanjut dia. ***

Editor : Erick Disy Darmawan

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut