get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Jabar Siap Menangkan Satu Putaran Pasangan Ganjar-Mahfud

Cerita Keluarga di Kuningan Hidup Satu Rumah Bersama Ular Sanca 5 Meter

Kamis, 19 Januari 2023 | 11:00 WIB
header img
Satu keluarga di Kabupaten Kuningan, Jabar, telah hidup bersama ular Sanca 5 meter selama 4 tahun.

Kuningan, iNewsIndramayu.id - Satwa liar berupa ular kerap kali ditakuti banyak orang, apabila jika memasuki permukiman warga. Namun berbeda dengan salah satu keluarga di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yang setiap hari selalu berinteraksi dengan sejumlah ular peliharaan di rumah.

Bahkan sudah 4 tahun, satu keluarga ini memelihara ular yang terbilang cukup bebas dilepaskan di area rumah. Meski ada kandang khusus, namun seringkali ular dibiarkan bebas berkeliaran di dalam rumah.

Salah satu keluarga tersebut yakni pasangan suami istri Miftah Fauzi (24) dengan Elistiya (23) beserta kedua anaknya Rafasya Azka Fauzi (3) dan Raisa Artalita Fauzia berusia (1,5). Terdapat 4 ekor ular jenis Sanca Kembang, paling besar sepanjang 4 meter dengan bobot kurang lebih 20 kilogram.

Mereka merupakan warga di Desa Kertaungaran, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, Jabar. Mulanya, ular dipelihara sejak berusia 1 bulan,  kini sudah memiliki bobot 20 kilogram dengan panjang 4 meter.

Karena terbiasa dengan keberadaan ular, anak dari pasangan Miftah dan Elis juga tidak merasa takut jika bermain bersama ular. Selain itu, ular-ular tersebut biasanya dimandikan dengan rendaman air daun sirih hingga dibawa untuk berjemur di bawah terik sinar matahari.

"Jadi biasanya untuk berendam ular itu satu minggu bisa sampai tiga kali. Untuk rendaman airnya diberi daun sirih, agar terhindar dari jamur dan penyakit," kata Miftah kepada awak media, Kamis (19/1/2023).

Dirinya meyakini, jika ular peliharaan di rumah semuanya baik dan telah jinak. Sebab telah dipelihara sejak usia 1 bulan, namun tetap memberi pengawasan saat anak-anaknya berada dekat dengan ular tersebut.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut