get app
inews
Aa Read Next : Panwascam Plered Fokus Tungsura

951 PPS di Kabupaten Indramayu Resmi Dilantik

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:42 WIB
header img
Bupati Indramayu, Nina Agustina dan Komisioner KPU Indramayu didampingi unsur Forkopimda, Komisioner Bawaslu, kepala perangkat daerah serta Badan Adhoc PPS Pemilu 2024 foto bersama. (saprorudin)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Sebanyak 951 Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 317 desa/kelurahan di Kabupaten Indramayu resmi dilantik. Pelantikan dan Apel Gelar Pasukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 PPS dipusatkan di GOR Darma Ayu Indramayu, Selasa (24/01/2023).

Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Indramayu, Nina Agustina,  Kapolres AKBP DR. M. Fahri Siregar, Dandim 0616 Letkol Arm Andang Radianto, Kajari, Ajie Prasetyo, Wakil Ketua DPRD, Sirojudin, Komisioner Bawaslu, kepala perangkat daerah dan undangan lainnya.

Bupati Nina Agustina mengucapkan selamat atas dilantiknya anggota PPS se Kabupaten Indramayu.

Ia menilai, pelantikan ini  sebagai bentuk kesiapan KPU Indramayu dalam menghadapi Pemilu  dan Pilkada 2024 mendatang. 

"Dengan dilantiknya 951 PPS menunjukan KPU sudah siap untuk menyelenggarakan Pemilu dan Pilkada 2024. Ini sudah masuk 2023, mereka pun sudah siap untuk mulai bekerja mempersiapkan semuannya," kata Nina.

Nina berharap anggota PPS dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab sesuai sumpah dan fakta integritas yang sudah disepakati. Kemudian, Bupati berharap di tangan mereka Pemilu berjalan jujur dan adil.

"Semoga amanah, mampu menjalankan tugas dengan tanggung jawab, tidak bisa dintervensi oleh pihak manapun, dan goolnya bisa melahirkan Pemilu yang jujur dan adil," harap Nina. 

Sementara itu Ketua KPU kabupaten Indramayu Ahmad Toni Fatoni, mengatakan sebanyak 951 PPS dilantik. Mereka kata dia tersebar di 317 desa/kelurahan dan masing-masing desa/kelurahan beranggotakan 3 orang.

Sebelum mereka dilantik sebagai anggota PPS, sambungnya mereka telah mengikuti tahapan   seleksi Badan Adhok PPS  secara terbuka melalui aplikasi SIAKBA

Seleksi dilakukan secara bertahap yakni seleksi administrasi, seleksi tertulis  berbasis komputer (CAT) dan tahap terakhir yaitu tahap wawancara.

Setelah dilantik mereka  akan mengikuti bimtek terkait tugas PPS.

"Mereka  mulai bertugas sejak 24 Januari 2023 hingga April 2024. Pasca itu nanti akan ada evaluasi berikutnya untuk penyelenggaraan Pilkada 2024," jelasnya.  

Ditambahkan, tugas PPS adalah melakukan penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Indramayu.  

“Semoga mereka bisa menjalankan seluruh rangkaian kegiatan Pemilu 2024 sesuai aturan yang berlaku. Pastikan bahwa semua tahapan bisa berjalan sebaik-baiknya,” tambahnya. (safaro)

 

 

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut