Logo Network
Network

Bidik Pemilih Pemula, PKS Kuningan Siapkan Caleg Milenial Maju di Daerah hingga Pusat

Andri
.
Minggu, 29 Januari 2023 | 13:22 WIB
Bidik Pemilih Pemula, PKS Kuningan Siapkan Caleg Milenial Maju di Daerah hingga Pusat
DPD PKS Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menargetkan kemenangan di Pemilu 2024 dengan membidik suara milenial.

Kuningan, iNewsIndramayu.id – The Milenial PKS Kuningan, Jawa Barat, mengadakan pertemuan kader demi menyusun strategi dalam meraih kemenangan Pemilu 2024. Bahkan Tim The Milenial PKS, mengumpulkan seluruh caleg milenial yang hendak maju di Pileg 2024 baik tingkat daerah hingga pusat.

Bagi PKS Kuningan, pemilih muda diproyeksi masih menjadi kunci untuk pemenangan Pemilu 2024. Pasalnya, kalangan usia tersebut masih akan mendominasi jumlah pemilih dalam kontestasi politik dua tahun mendatang.

Hal itu tergambar dari data proyeksi penduduk Indonesia 2015-2045. Berdasarkan data yang disusun oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tersebut, jumlah penduduk Indonesia diperkirakan mencapai 318,9 juta jiwa pada 2024. Dari jumlah itu, sebanyak 21,73 juta penduduk berusia 15-19 tahun.

Sebanyak 21,94 juta penduduk berada di rentang usia 20-24 tahun. Kemudian, penduduk berusia 25-29 tahun dan 30-34 tahun masing-masing sebanyak 21,73 juta orang dan 21,46 juta orang.

Sebanyak 21,04 juta orang berada di rentang umur 35-39 tahun. Centre for Strategic and International Studies (CSIS) memperkirakan bahwa Pemilu 2024 akan didominasi oleh generasi Z dan milenial, berada di rentang usia 17-39 tahun. Berdasarkan hasil survei CSIS, jumlah kedua generasi tersebut mendekati 60 persen dari total pemilih.

Selaku Caleg Pusat dari PKS Kuningan, Tsabitah Taqiyyah mengatakan, Indonesia mengalami bonus demografi yang menghasilkan pemilih muda. Sehingga kader PKS berkomitmen dapat meraih simpatik kaum millenial, anak-anak muda tidak boleh abai terhadap politik.

"Sebab jika anak muda tidak ambil peran, maka parlemen tidak akan diisi sosok muda dan tidak akan bisa memperjuangkan aspirasi pemuda. Menurut kami anak muda bukan hanya sebagai alat penggaet suara, tetapi adalah wakil dari generasi muda itu sendiri. Kreatifitas dan semangat anak anak muda sangat diperlukan, untuk ikut membangun bangsa dan negara, juga turut memecahkan solusi masalah kebangsaan," ungkapnya.

Ia berharap, banyaknya anak muda yang terlibat, bahkan duduk di kursi legislatif, maka proses demokrasi dan pemerintahan Indonesia ke depan akan memiliki wajah-wajah dan ide baru yang lebih fresh.

Dalam kesempatan itu, Anggota Fraksi PKS DPRD Kuningan, Kang Yaya menyempatkan diri hadir dalam agenda silaturahmi kader milenial. "Pemuda itu ada dua, kita punya idealisme dan semangat. Sehingga kaum muda itu harus memiliki intelektual dan keberanian," kata Kang Yaya, Minggu (29/1/2023).

Menurutnya, PKS memberikan ruang bagi kaum muda untuk menjajal dunia politik. Banyak caleg muda yang telah dicalonkan dari PKS baik di tingkat daerah, provinsi sampai pusat.

"Ke depan, kami akan membuat event yang lebih banyak merangkul para pemuda. Misalkan seperti sosial, olahraga, pendidikan, minat, dan bakat," ucapnya.

Ia berharap, adanya caleg muda milenial dapat memberikan warna baru pada partai dengan nomor urut 8 tersebut.(Andri)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News

Bagikan Artikel Ini