get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Jabar Siap Menangkan Satu Putaran Pasangan Ganjar-Mahfud

Akses Jalan Penghubung Desa di Kuningan Amblas Usai Diguyur Hujan Lebat

Sabtu, 25 Februari 2023 | 12:45 WIB
header img
Curah hujan yang tinggi membuat akses jalan penghubung antar desa di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, amblas dan terputus. Foto: BPBD Kuningan

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id – Akses jalan lingkungan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, tiba-tiba amblas usai diguyur hujan yang nyaris turun setiap hari. Lokasi amblasnya jalan lingkungan berada di jalan penghubung Desa Mancagar ke Desa Langseb di Kecamatan Lebakwangi, Kuningan.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana dalam keterangan persnya, mengatakan, jika curah hujan hingga sekarang masih cukup tinggi, Sabtu (25/2/2023). Akibat hujan yang nyaris setiap hari terjadi, menimbulkan musibah longsor di beberapa titik.

“Misalkan saja di Desa Mancagar, akses penghubung antar desa di Dusun Pahing amblas dan terputus. Ini akibat curah hujan tinggi sehingga aliran air irigasi meluap dan mengikis pondasi gorong-gorong,” ungkapnya.

Hal tersebut membuat akses jalan terputus dan tidak bisa dilalui kendaraan bermotor. Sehingga pengendara motor maupun mobil terpaksa harus melalui akses jalan lain.

“Kami sudah menurunkan personel untuk melakukan pendataan di lapanngan. Termasuk dalam penanganan sementara, warga juga sudah memasang rambu-rambu dilarang melintas,” ujarnya.

Kejadian lain, lanjutnya, yakni longsor di Desa Margabakti, Kecamatan Kadugede, Kuningan. Sebuah tembok penahan tebing longsor dan menimpa bangunan rumah warga.

“Ada TPT rumah milik warga yang longsor, kemudian material longsoran itu menimpa bangunan rumah warga yang lain. Bahkan tembok rumah di bagian dapur milik warga itu terancam terseret longsor,” imbuhnya.

Adapun titik longsor lain menimpa beberapa desa seperti Cisantana, Pakapasanhilir, Citapen, Hantara, dan Padamulya. Namun peristiwa longsor yang terjadi masih dalam skala terbilang kecil.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut