get app
inews
Aa Read Next : Kembali Gelar Donor Darah, GM RU VI: Setetes Darah Menyelamatkan Satu Jiwa

Adakan Kuliah Umum, Project Balongan Paparkan Proyek Infrastruktur Pertamina

Kamis, 09 Maret 2023 | 20:55 WIB
header img
Kuliah Umum Project Balongan (Foto: Candri Cahyadi)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id – PT Kilang Pertamina Internasional melalui Project Balongan menggelar event Goes to Campus ke Institut Teknologi Petroleum Balongan, Kamis (9/3/2023).

Kegiatan Goes to Campus ini diisi dengan kuliah umum yang dihadiri sekitar 400 mahasiswa, terdiri atas 300 mahasiswa yang hadir secara offline dan 100 mahasiswa mengikuti secara online.

Acara goes to campus dibuka oleh General Manager Project Balongan Sugeng Firmanto.

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan bahwa Project Balongan merupakan bagian dari PT Kilang Pertamina Internasional yang mengelola beberapa proyek di komplek Kilang Pertamina Balongan.

Yang mana diantaranya adalah, proyek pengembangan Kilang atau Refinery Development Master Plan (RDMP), Proyek Revitalisasi RCC, dan Proyek Petrokimia Jabar.

Kuliah Umum Project Balongan

Dikatakan Sugeng, proyek infrastruktur yang dikerjakan oleh Project Balongan ini keseluruhannya merupakan proyek strategis.

Tujuannya adalah untuk mendukung kemajuan bangsa dengan tetap mengedepankan aspek Environment, Social and Governance (ESG) dalam proses pelaksanaannya.

“Harapannya kuliah umum ini bisa membangkitkan motivasi mahasiswa untuk menggali ilmu lebih luas agar kelak bisa menjadi generasi muda kebanggaan bangsa,” ungkap Sugeng.

Kuliah umum yang digelar di GOR Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB) menghadirkan 3 pemateri dari Pertamina.

Yang mana diiantaranya adalah, SVP HSSE PT Pertamina (Persero) yang memaparkan materi tentang Project HSSE & ESG Implementation.

Kemudian Senior Project Manager Petrochemical Complex Jabar, I Gusti Bagus Prihanta, yang memaparkan materi terkait Industri Petrokimia, dan Manager Construction Revitalisasi RCC Balongan Muhammad Ramdhan yang menjelaskan tentang manajemen proyek.

Proyek Petrokimia Jabar

Pada sesi kuliah umum tersebut, dijelaskan bahwa Proyek Petrokimia Jabar yang nantinya akan di bangun di seberang Kilang Pertamina Balongan ini bukan hanya sebagai ekspansi bisnis agar Pertamina dapat terus bertahan.

Akan tetapi proyek tersebut merupakan keharusan. Karena saat ini sebagian besar produk yang digunakan oleh manusia berasal dari produk-produk Petrokimia.

Beberapa diantaranya seperti. bahan untuk material kendaraan, peralatan rumah tangga, pakaian, hingga obat-obatan.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa pembangunan industri Petrokimia ini bertujuan untuk mengurangi impor produk-produk Petrokimia, memajukan perekonomian wilayah sekitar.

Akan tetapi tujuan yang utama adalah untuk menciptakan lapangan kerja mulai dari fase pembangunan hingga fase operasional.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut