get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Jabar Siap Menangkan Satu Putaran Pasangan Ganjar-Mahfud

Pokdakan Indramayu Panen Gurame Bantuan Dompet Dhuafa dan The Harvest

Minggu, 19 Maret 2023 | 20:59 WIB
header img
Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Indramayu, Jabar, panen gurame hasil bantuan benih dari Dompet Dhuafa dan The Harvest. Foto: Ist

INDRAMAYU,iNewsIndramayu.id - Dompet Dhuafa dan The Harvest melakukan panen ikan gurame di tambak DD Farm Indramayu, Jawa Barat, belum lama ini. Kegiatan tersebut menjadi salah satu program sosial menyambut bulan suci Ramadan.

Panen sendiri disaksikan langsung Kepala Social Trust Fund (STF) Dompet Dhuafa Dodi Subardi, donatur Dompet Dhuafa Dr Hajat Santoso, Kepala Desa Kenanga Darpani, dan Wakil Ketua Pokdakan Darul Arqam Mutualism Badrudin.

Pada kesempatan panen itu, Dodi selaku Kepala STF mengatakan, panen ikan gurame sebagai bagian dari rentetan pelaksanaan program tarhib Ramadan Dompet Dhuafa. Salah satunya yaitu dengan program pemberdayaan ekonomi melalui program pemberdayaan ikan gurame di Desa Kenanga, Indramayu.

“Kolam yang dipanen ada sebanyak 2 kolam, ini donasi dari donatur The Harvest dengan total penerima manfaat sebanyak 6 orang. Kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah mempercayakan penyaluran melalui kami, serta Pokdakan Darul Arqam Mutualism sebagai pelaksana program perikanan. Tak lupa pula kepada stakeholder terkait khususnya Kades Kenanga,” kata Dodi.

Program ini sudah berjalan sejak tahun 2019 dengan support bantuan sebanyak 1 kolam, tahun berikutnya bertambah menjadi 2 tambak. Pada tahun 2021, program ini mendapat bantuan dari donatur sebanyak 8 tambak. Kemudian di tahun 2022 kembali mendapatkan bantuan sebanyak 2 tambak dari The Harvest.

Selain program perikanan, Dompet Dhuafa juga melaksanakan program pelatihan UMKM dan pembuatan kemasan UMKM pada tahun 2022.

Salah seorang donator, Hajat Santoso menceritakan, sepanjang perjalanan ke lokasi kolam melihat potensi desa yang luar biasa. Mulai dari ikan gurame yang kaya protein hewani serta buah-buahan dan sayur-sayuran seperti mangga, kangkung, timun suri, dan pepaya yang kaya akan vitamin dan zat besi yang ditanam di sekeliling kolam.

“Potensi ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya dalam upaya mencegah stunting. Ini merupakan potensi desa yang perlu dikembangkan, khususnya dalam pemenuhan dan peningkatan kesehatan masyarakat,” cetusnya.

Kades Kenanga, Darpani turut menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Dompet Dhuafa dan para donator, yang telah mensuport program bagi masyarakat. Desa Kenanga semakin berkembang dan sejahtera dengan adanya budidaya ikan gurame ini.

“Kami berharap, Dompet Dhuafa dan donatur bisa mendampingi kami selalu dalam mensejahterakan masyarakat.  Pengembangan ini merupakan salah satu bentuk kesuksesan inisiasi program ikan gurame, dalam pemanfaatan lahan yang kurang produktif dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Saat ini, Ia menyebut, potensi yang ada lebih kurang 62 kolam siap untuk dikembangkan dan butuh support dari stakeholder terkait. Selain itu, pihaknya kini tengah berusaha mengembangkan potensi desa lainnya berupa pakan ternak (domba, sapi, unggas) melalui limbah jagung.

Senada dengan Kades Darpani, Badrudin menyebutkan, bahwa Desa Kenanga memiliki potensi atas pengelolaan empang. Hal yang disyukuri sejak 2019 lalu, Dompet Dhuafa hadir untuk membantu pemberdayaan masyarakat desa melalu program perikanan.

“Kami dari Pokdakan Darul Arqam Mutualism mengucapkan terima kasih kepada donatur Dompet Dhuafa, atas bantuan yang telah diberikan selama ini kepada anggota Darul Arqam khususnya, dan masyarakat Desa Kenanga pada umumnya,” pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut