get app
inews
Aa Read Next : Selamatkan Generasi Bangsa, Penanganan Stunting Jadi Program Unggulan Kesira Jabar

Pemkab Kuningan Kebut Perbaikan Jalan Jelang Arus Mudik Lebaran

Kamis, 30 Maret 2023 | 13:00 WIB
header img
Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kini tengah mengebut perbaikan jalan menjelang arus mudik lebaran tahun 2023. Foto: Andri

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id - Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kini mulai melakukan perbaikan jalan menghadapi arus mudik lebaran tahun 2023. Bahkan pada minggu pertama di bulan puasa ini, dinas teknis mulai melakukan penambalan pada ruas-ruas jalan berlubang.
“Jadi untuk penanganan jalur lebaran, seizin pimpinan Pak Plt dan Pak Sekdis, kita sudah menyampaikan konsep dan program penanganan jalur lebaran. Bahkan ke Pokja Pengadaan Barang dan Jasa pun, kami sudah menyampaikan surat untuk rencana melaksanakan lelang dalam waktu dekat ini,” kata Kabid Bina Marga Dinas PUTR Kuningan, Tedy Sukmajayadi.
Tak hanya itu, Ia menyebut, jika tim survei juga tengah melakukan tahap finalisasi ruas-ruas yang akan menunjang sebagian jalur lebaran.
“Kemudian kondisi anggaran tahun 2023, Pak Bupati juga sudah menginstruksikan ke PUTR, untuk segera melaksanakan perbaikan jalan-jalan yang menunjang jalur mudik lebaran. Khususnya paling diutamakan yakni jalan-jalan yang bersumber dari APBD Provinsi Jabar.
“Sebab saat ini ada 12 ruas kegiatan, yang bersumber dari Bantuan Keuangan Provinsi. Kemudian sisanya ada dari APBD Kabupaten beberapa ruas jalan, dan pemeliharaan rutin di sejumlah titik jalan,” ungkapnya.
Dia menyebut, apabila 12 kegiatan dari Pemprov Jabar tersebar di sejumlah titik jalan provinsi. Seluruhnya yakni rehab jalan dengan total anggaran mencapai Rp 32 miliar.
“Tersebar ruas jalan yang rehab ini, ada 12 lokasi dengan Rp 32 miliar. Misalkan untuk menunjang kemacetan Cigugur, mudah-mudahan Cipari-Cisantana saat ini dikerjakan,” imbuhnya.
Lalu jika anggaran kabupaten mendukung, lanjutnya, maka di minggu pertama bulan puasa berencana akan memulai pekerjaan perbaikan ruas jalan. Tentunya untuk menambal ruas-ruas jalan yang berlubang.
Sementara Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH kepada awak media, Kamis (30/3/2023), menuturkan, jika kondisi jalan rusak akan segera diperbaiki, karena tahap lelang sudah dilaksanakan.
“Sebetulnya kita kan bisa memperbaiki, tapi hanya karena waktu yang begitu cepat, lelang sudah, sekarang tinggal realisasi. Paling tidak untuk ruas jalan yang akan diperbaiki, sudah ada persiapan-persiapan,” ungkapnya.
Oleh sebab itu, Ia berharap, minimal sudah ada pembangunan tahap awal. Karena untuk sampai tuntas sampai menjelang lebaran itu tidak mungkin selesai.
“Saya kemarin kontrol di ruas Cipasung-Subang, itu di luar dugaan karena curah hujan yang begitu tinggi, jadi tingkat kerusakan itu cepat sekali. Tapi nanti ada tahap awal untuk perbaikan jalan, prinsip kami tentu ingin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Sehingga ruas-ruas jalan yang ada layak dilalui, tidak bagus apalagi mulus, tapi mudah-mudahan layak untuk dilalui,” pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut