get app
inews
Aa Read Next : Selamatkan Generasi Bangsa, Penanganan Stunting Jadi Program Unggulan Kesira Jabar

Antisipasi Kemacetan saat Arus Mudik, Polresta Cirebon Pasang 1.600 Rambu Jalan

Jum'at, 07 April 2023 | 22:33 WIB
header img
Petugas kepolisian bakal memasang 1.600 buah rambu-rambu jalan demi mengurai kemacetan saat arus mudik di sepanjang jalur arteri Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Foto: Joni

CIREBON,iNewsIndramayu.id - Petugas kepolisian bakal memasang 1.600 buah rambu-rambu jalan di sepanjang jalur arteri Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Hal ini dilakukan sebagai persiapan antisipasi kemacetan saat arus mudik melalui Operasi Ketupat Lodaya 2023.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman sendiri langsung melakukan pengecekan sarana prasarana persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2023, Jumat (7/4/2023). Jumlah rambu-rambu jalan tahun ini mengalami kenaikan, yakni sebanyak 1.600 buah dari sebelumnya hanya 1.000 buah berdasarkan data evaluasi Operasi Ketupat Lodaya 2022.

"Jadi kita melaksanakan kegiatan pemeriksaan sekaligus juga pengecekan sarana prasarana. Nantinya akan kita gunakan dalam pelaksanaan kegiatan Operasi Ketupat Lodaya 2023," kata Kapolresta Kombes Pol Arif Budiman.

Dia merinci, sarana prasarana yang telah disiapkan yakni 150 traffic cone, 500 tolo-tolo, 700 bambu pengikat, 65 traling, 40 mini barrier, 65 water barrier, dan 40 rambu-rambu portable. "Ini belum termasuk dengan yang memang sudah kita siapkan, khusus utamanya adalah di beberapa titik yang kita antisipasi terjadinya kemacetan atau pasar tumpah," katanya.

Pihaknya berharap, antisipasi yang dipersiapkan melalui rekayasa jalan dapat berjalan baik. Sehingga mengurai potensi kemacetan parah maupun penumpukan kendaraan di beberapa titik rawan macet.

"Sehingga tidak terjadi penumpukan dengan mekanisme rekayasa yang kita lakukan, semoga dapat berjalan dengan baik," tukasnya..

Tak hanya itu, pihaknya akan memberikan informasi bagi para pengguna jalan yang melaksanakan mudik dan melintas di wilayah hukum Polresta Cirebon. Pengguna jalan dapat mengetahui, apabila mungkin masih diberlakukan one way hingga disediakan rest area maupun ada petunjuk pengalihan.

"Itu dalam rangka untuk memudahkan bagi pengguna jalan, para pemudik yang melintas di Kabupaten Cirebon," jelasnya.

Pihaknya berencana, akan memasang seluruh rambu jalan di jalur arteri nasional atau jalur pantura, mulai dari perbatasan Cirebon-Indramayu sampai dengan perbatasan Cirebon-Jateng pada H-5 sebelum lebaran. Sebab, pada saat itu biasa terjadi peningkatan arus mudik.

Apabila terjadi peningkatan arus mudik sebelum H-5, Ia menyebut, sarana prasarana tersebut akan langsung dipasang oleh petugas.

"Namun itu juga sifatnya dinamis. Apabila memang sudah mulai terjadi peningkatan arus, biasanya kita sudah mulai langsung sekaligus juga penutupan," pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut