get app
inews
Aa Read Next : Mantan Ketua KPU Sebut Sirekap Meresahkan Masyarakat, Minta Publik Diberi Penjelasan

Perindo Kuningan Daftarkan Bacaleg di Detik-detik Akhir Penutupan

Senin, 15 Mei 2023 | 07:57 WIB
header img
Perindo menjadi partai terakhir saat memasuki detik-detik penutupan pendaftaran Bacaleg di KPU Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Foto: Andri

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id Perindo menjadi partai terakhir saat memasuki detik-detik penutupan pendaftaran Bacaleg di KPU Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tepatnya yakni pada Minggu (14/5/2023) pukul 23.55 WIB malam.

Total ada 50 bacaleg yang diajukan oleh Partai Perindo ke pihak KPU. Jumlah itu tersebar untuk lima daerah pemilihan mulai dari Dapil I Kuningan hingga Dapil V Kuningan.

Ketua KPU Kuningan, Asep Z Fauzi menuturkan, jika pendaftaran bacaleg telah ditutup saat partai terakhir mendaftarkan dari Partai Perindo.

“Kalau total dari 18 partai politik sebagai peserta pemilu, ada 17 partai politik yang mengajukan bacaleg. Sementara sisa satu partai tidak hadir, dan tidak melakukan pengajuan bacaleg di Kuningan,” ucapnya.

Dia menyebut, pendaftaran bacaleg parpol paling banyak terjadi di hari terakhir penutupan. Bahkan ada partai yang datang menjelang detik-detik penutupan, namun adapula partai yang tidak datang hingga pendaftaran bacaleg ditutup.

“Jadi terakhir di Hari Minggu kita paling banyak kedatangan partai politik. Sampai pukul 23.55 WIB itu ada yang masuk registrasi yakni dari Partai Perindo, tapi ada satu partai yang tidak hadir yaitu Partai Garuda,” terangnya.

Dia menyebut, masing-masing parpol dalam mengajukan bacaleg jumlahnya beragam yaitu PKB (50), Gerindra (50), PDIP (50), Golkar (50), NasDem (50), Partai Buruh (46), Gelora (50), PKS (50), PKN (50), dan Hanura hanya 6 bacaleg terpusat di Dapil I Kuningan. Kemudian PAN (50), PBB 16 bacaleg merata di lima dapil, Demokrat (50), PSI 19 bacaleg tersebar di semua dapil, Perindo (50), PPP (50), serta Partai Umat 12 bacaleg tersebar di semua dapil kecuali Dapil V Kuningan.

“Total jumlah bacaleg dari 17 partai politik tercatat ada 699 orang,” pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut