get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Jabar Siap Menangkan Satu Putaran Pasangan Ganjar-Mahfud

Wujudkan Pelestarian Budaya, Disdikbud Indramayu Sosialisasikan Tradisi Bujanggaan

Selasa, 30 Mei 2023 | 22:01 WIB
header img
Sosialisasi tradisi bujanggaan Disdikbud Kabupaten Indramayu. Foto : Andri

iNewsIndramayu.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat melaksanakan sosialisasi tradisi bujanggaan. Sosialisasi ini, dilaksanakan di Aula Disdikbud setempat, Senin (29/5/2023).

Sosialisasi tersebut diselenggarakan dalam rangka program pengembangan kebudayaan khususnya pengenalan bahasa Indramayu. Juga sebagai wujud pelestarian budaya bangsa Indonesia dan sebagai kegiatan pelestarian kesenian tradisional yang masyarakat pelakunya dalam daerah/kota.

Tradisi bujanggaan itu sendiri merupakan jenis kesenian tradisi dalam bentuk tembang yang berkembang di Kabupaten Indramayu dan terkandung makna serta maksud yang berbeda antara tembang satu dengan yang lainnya.

Dalam sambutannya, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu, Iin Indrayati yang diwakili oleh Sekretaris Disdikbud Erni Heriningsih, menyampaikan kepada para guru agar benar-benar menyampaikan tradisi bujanggaan ini kepada anak muridnya.

"Semangat untuk kita semua dalam menyampaikan budaya Indramayu, khususnya bujanggaan kepada generasi penerus Indramayu", ujarnya.

Komitmen Disdikbud dalam melestarikan tradisi bujanggaan ini adalah dengan akan digelarnya lomba bujanggaan di tingkat SD & SMP se-Kabupaten Indramayu.

Beberapa narasumber yang hadir pada sosialisasi tradisi bujanggaan adalah Sri Tanjung Sugiarti Tarka beserta tim dari sanggar Surya pringga, Supali dan Bambang Arwito selaku tokoh budaya.

Sosialisasi ini turut dihadiri oleh perwakilan Guru seni dan pengampu seni pada SD & SMP di lingkungan pendidikan Kabupaten Indramayu. (Andri)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut