get app
inews
Aa Read Next : Rayakan Imlek, PT KAI Daop 3 Cirebon Suguhkan Pertunjukan Barongsai dan Ornamen Khas Tionghoa

Libur Panjang, Pengguna Layanan KA di Daop 2 Bandung Meningkat 45 Persen

Sabtu, 03 Juni 2023 | 16:02 WIB
header img
Jumlah pelanggan kereta api (KA) meningkat pada momen libur panjang Hari Lahir Pancasila dan Hari Raya Waisak 2023. (Ist)

BANDUNG, iNewsIndramayu.id - Jumlah pengguna kereta api (KA) meningkat pada momen libur panjang Hari Lahir Pancasila dan Hari Raya Waisak 2023. Dalam periode 31 Mei - 2 Juni kemarin, PT KAI Daop 2 Bandung melayani 43.895 pelanggan, yang terdiri dari 35.392 pelanggan KA jarak jauh dan 8.503 pelanggan KA lokal. 

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono mengatakan, angka pelanggan KA tersebut meningkat 45% jika dibandingkan dengan periode waktu yang sama pekan sebelumnya, 24-26 Mei 2023. Saat itu, PT KAI Daop 2 Bandung hanya melayani pelanggan sebanyak 30.374 orang. 

"Pada periode tersebut, terdapat sebanyak 25.777 pelanggan KA Jarak Jauh dan 4.597 pelanggan KA Lokal yang menggunakan layanan KA," kata Mahendro Trang Bawono pada MNC Portal Indonesia (MPI) Sabtu (3/6/2023). 

Ia melanjutkan, jumlah pelanggan yang akan menggunakan layanan KA pada sisa hari libur diperkirakan masih cukup tinggi. 

"Sebab berdasarkan pantauan data penjualan, terdapat 24.895 pelanggan baik itu KA Jarak Jauh maupun KA Lokal yang akan berangkat pada tanggal 3 - 4 Juni. Tentunya jumlah tersebut masih bisa berubah dan bertambah, karena masih dibukanya pemesanan tiket baik itu secara online maupun offline," ujarnya. 

Menurut Mahendro Trang Bawono, pada masa libur panjang kali ini, Stasiun Bandung menjadi stasiun dengan keberangkatan tertinggi dengan jumlah 18.213 pelanggan yang telah berangkat. Sedangkan Stasiun Kiaracondong telah melayani 8.975 pelanggan. 

"Dari data penjualan dan pemesanan tiket, masih ada 18.468 pelanggan yang akan berangkat dari kedua stasiun tersebut pada periode 3 - 4 Juni," ucapnya. 

Mayoritas kota tujuan favorit para pelanggan KA pada masa libur panjang kali ini yakni kota-kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti Surabaya, Malang, Solo, dan Kutoarjo. PT KAI Daop 2 Bandung, sambungnya, mengimbau agar pelanggan memperhatikan kembali jadwal keberangkatan KA yang tertera pada tiket. 

Hal ini seiring dengan pemberlakuan Gapeka 2023 yang berdampak pada perubahan jadwal keberangkatan KA. "Pemberlakuan Gapeka 2023 yang bertepatan dengan momen libur panjang merupakan inovasi dan komitmen peningkatan pelayanan Daop 2 Bandung kepada para pelanggan setia KA untuk mewujudkan transportasi yang tidak hanya cepat dan tepat waktu namun juga aman dan nyaman," pungkasnya. (*) 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut