get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut Terjadi di Kuningan, Pemotor Tewas Tertabrak Bus

Dishub Kuningan Pastikan Proyek PJU Senilai Rp117 Miliar Sasar Wilayah Pedesaan

Minggu, 11 Juni 2023 | 15:07 WIB
header img
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kuningan, HM Mutofid. Foto: Dok. Andri

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id – Pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kuningan, Jabar, memastikan proyek lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) menyasar wilayah pedesaan maupun kelurahan. Proyek PJU dengan total senilai Rp117 miliar ini berasal dari APBD Provinsi Jabar tahun 2023.

Kadishub Kuningan, H Muhamad Mutofid dalam keterangan persnya, Minggu (11/6/2023), menyebut, ketersediaan prasarana Penerangan Jalan Umum yang memadai dan tersebar di seluruh wilayah Kuningan, bertujuan guna mewujudkan konektivitas dan aksesibilitas antar wilayah.

“Kiranya tujuan dimaksud, dinilai tepat dan memiliki korelasi dalam rangka implementasi Visi dan Misi Kepala Daerah. Yakni upaya peningkatan kualitas dan pemerataan infrastruktur wilayah yang memadai, dan tersebar di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Kuningan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil inventarisasi dan identifikasi terhadap ketersediaan Prasarana PJU di Kuningan hingga periode November 2022, tercatat secara kumulatif sebanyak 10.071 Titik Cahaya (TC) dengan estimasi mencapai 4.000 Id Pelanggan dengan area sebaran berada di 3 UPJ/Rayon PT PLN (Persero) yaitu Kuningan, Cilimus dan Banjar (dalam proses).

“Melalui realisasi Program Pembangunan Prasarana Jalan pada ruas jalan Kota/Kabupaten dalam bentuk Kegiatan Pengadaan dan Pemasangan Prasarana PJU, dengan sumber pendanaan yang berasal dari Bantuan Keuangan (BKK) sebagaimana yang terdapat dalam APBD Provinsi Jawa Barat TA 2023 sebesar Rp117 miliar, estimasi capaian output kegiatan berupa Prasarana PJU sebanyak 6.500 Titik Cahaya (TC),” bebernya.

Menurutnya, berdasarkan dokumen rencana/program kerja dan Kerangka Acuan Kerja (KAK), distribusi PJU terfokus pada upaya peningkatan jumlah ketersediaan PJU di wilayah pedesaan/kelurahan. Rencananya akan didistribusikan pada seluruh desa/kelurahan dalam wilayah Kabupaten Kuningan masing-masing 10 TC.

“Adapun metode yang akan dilaksanakan yaitu rangkaian atau jaringan selain objek vital pemerintah, akses wisata, ruas jalan penghubung antar desa ke desa lainnya, desa ke kecamatan lain. Termasuk titik lokasi lain yang dinilai membutuhkan dengan prioritas usulan kegiatan, berdasarkan pertimbangan dan analisa keselamatan bagi pengguna jalan,” terangnya.

Selain merealisasikan program tersebut, pihaknya berencana akan meningkatkan kualitas infrastruktur PJU, khususnya di area atau ruas jalan perkotaan. Rencana ini mengusung prinsip kolaboratif antara fungsi penerangan dan artistik melalui pengadaan dan pemasangan Prasarana PJU Tematik, bertemakan keunggulan seni dan budaya daerah.

“Penerangan Jalan Umum atau PJU dimaksud akan dialokasikan pada ruas jalan Siliwangi, tepatnya dari Bundaran Cijoho sampai dengan Taman Kota Kuningan,” imbuhnya.

Dengan terealisasinya rencana atau program itu, Ia berharap ke depan mampu memenuhi kebutuhan PJU di Kuningan. Tentu sebagaimana yang telah ditetapkan dalam RPJMD Dishub Kuningan tahun 2018-2023, yaitu sebanyak 26.000 Titik Cahaya dan telah direvisi menjadi 16.000 Titik Cahaya.

“Sehingga dapat disimpulkan, bahwa target capaian kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan dalam rangka memenuhi Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kuningan terpilih, dapat terealisasi yaitu mencapai jumlah ketersediaan 16.000 TC pada akhir masa jabatan. Harapan ke depan melalui implementasi Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kuningan, yaitu dalam rangka peningkatan peran dan pemberdayaan seluruh masyarakat dapat terwujud dengan baik, melalui dukungan infrastruktur wilayah yang memadai,” tutupnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut