get app
inews
Aa Read Next : Tali Asih Komandan Seskoad, Berikan Bantuan Sosial untuk Renovasi Masjid di Garut

Pemotongan Produksi Diprediksi Pengaruhi Sentimen Kenaikan Harga Minyak Jumat 1 Agustus 2023 Ini

Jum'at, 04 Agustus 2023 | 10:50 WIB
header img
Sentimen kenaikan harga minyak dunia diprediksi akan terus berlangsung pada perdagangan Jumat (4/8/2023) ini. (MNC Media)

GARUT, iNewsIndramayu.id - Sentimen kenaikan harga minyak dunia diprediksi akan terus berlangsung pada perdagangan Jumat (4/8/2023), menyusul pemotongan produksi oleh Arab Saudi dan Rusia. Priority Wealth Management Mirae Asset Sekuritas, Kevin Suryajaya, menyebut harga minyak mentah pada perdagangan kemarin ditutup menguat sekitar 2 %.

"Ditutup menguat sekitar 2 % setelah Saudi Arabia dan Rusia sebagai produsen minyak terbesar dunia menyatakan untuk cut production di Agustus dan September. Ini membuat sentimen pada harga oil cukup tinggi kenaikannya," kata Kevin Suryajaya. 

Ia melihat kebijakan pemotongan produksi berdampak pada perdagangan selama 6 minggu terakhir. "Sudah 6 minggu berturut-turut kenaikannya. Harga oil juga cukup menguat," ujarnya. 

Seperti diketahui, prospek pengetatan pasokan tersebut setidaknya membuat harga minyak menyentuh level tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Pada perdagangan Selasa (1/8/2023) awal Agustus lalu, minyak mentah berjangka WTI bertahan di kisaran USD81 per barel. 

Angka tersebut mendekati level tertinggi dalam tiga bulan, sejalan dengan terkereknya harga minyak akibat pasokan global yang ketat. Meningkatnya permintaan sepanjang sisa tahun ini dan munculnya tanda-tsnda percepatan pasokan global, mendukung penguatan harga minyak mentah.

Selain minyak, Kevin Suryajaya juga membeberkan harga sejumlah komoditas lain seperti nikel, emas, dan batubara. Dari beberapa komoditas tersebut, harga emas cenderung flat.

"Untuk harga komoditas, oil ditutup menguat sekitar +2,46 %,  nikel +0,82 %, gold relatif flat +0,03 %, dan coal +2,51 %," sebutnya. 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut