get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Jabar Siap Menangkan Satu Putaran Pasangan Ganjar-Mahfud

Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai di Kuningan Alami Karhutla

Rabu, 09 Agustus 2023 | 20:19 WIB
header img
Kawasan hutan dan lahan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mengalami kebakaran. Foto: Ist

KUNINGAN,iNewsindramayu.id – Kawasan hutan dan lahan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mengalami kebakaran sekitar pukul 13.30 WIB siang pada Rabu (9/8/2023). Titik lokasi karhutla sendiri berada di Blok Pejaten, Dusun Cirendang, Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kuningan.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana melalui siaran persnya, menyampaikan, peristiwa karhutla diketahui oleh warga yang kebetulan tak jauh dari lokasi kebakaran. Warga mulanya melihat kepulan asap dari arah Kawasan Blok Pejaten.

“Itu sekitar jam 1.30 siang. Kemudian masyarakat di sekitar lokasi melakukan upaya pemadaman dan melaporkan kepada pihak terkait,” terangnya.

Dia menyebut, luasan lahan yang terbakar di kawasan TNGC Kuningan diperkirakan 4,5 hektare. Adapun kawasan lahan yang terbakar didominasi vegetasi alang-alang.

“Kami sudah menurunkan tim assessment dan tim pemadaman, situasi kondusif dan sedang dalam proses pendinginan hingga penyisiran. Api berhasil dipadamkan sekitar jam 5 sore, pendinginan dan pemantauan lanjutan akan dilaksanakan oleh TNGC,” imbuhnya.

Meski begitu, pihaknya bersama tim gabungan masih siaga di sekitar lokasi kejadian karhutla. Sebab kepulan asap dan bara api dari bekas kebakaran sebelumnya masih menyala.

“Hal-hal lain akan dilaporkan lebih lanjut setelah proses koordinasi dengan pihak terkait,” tutupnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut