get app
inews
Aa Read Next : Selamatkan Generasi Bangsa, Penanganan Stunting Jadi Program Unggulan Kesira Jabar

Program TMMD Bantu Warga Kuningan Bangun Fasilitas Umum dan Jalan Rusak

Kamis, 10 Agustus 2023 | 20:09 WIB
header img
Program TMMD membantu warga di Kabupaten Kuningan, Jabar, dalam membangun fasilitas umum dan jalan rusak. Foto: Andri

KUNINGAN,InewsIndramayu.id – TNI dari Kodim 0615 Kuningan telah menuntaskan pelaksanaan pembangunan fisik maupun non fisik melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-177. Titik lokasinya berada di Desa Sukaraja, Kecamatan Ciawigebang, Kuningan, Jawa Barat.
Kasgartap II/Bandung, Marsma TNI Yudi Bustami saat mambacakan amanat Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo, Kamis (10/8/2023), menyampaikan, TMMD merupakan program lintas sektoral untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah. Terutama di daerah pinggiran yang masih minim infrastruktur dan sulit dijangkau.
“Disinilah TNI hadir guna membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pemda maupun masyarakat. Terkait dengan upaya peningkatan kesejahteraan melalui pembangunan infrastruktur dan sarana yang dibutuhkan masyarakat, baik fisik maupun non fisik untuk meningkatkan kesejahteraan,” ungkapnya.
Selain itu, lanjutnya, TMMD menjadi sarana terbaik bagi TNI untuk memantapkan kemanunggalan dengan rakyat dan mendedikasikan pengabdian terbaiknya dalam membangun NKRI demi kepentingan rakyat. Sebagaimana juga terkandung dalam tema TMMD, yaitu Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat.
“Saya mengajak pemerintah daerah beserta seluruh komponen masyarakat, untuk terus bekerja sama dan bergotongroyong membangun daerah guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi agar terwujud kesejahteraan masyarakat secara merata. Sehingga terwujud ketahanan wilayah dan tegaknya kedaulatan NKRI,” tandasnya.
Sementara itu, tampak pula puluhan pensiunan TNI yang tergabung dalam Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) Kuningan. Mereka turut pula dalam upacara penutupan TMMD ke-17 di Desa Sukaraja, Kecamatan Ciawigebang, Kuningan.
“Kami pensiunan TNI AD ada 61 orang ikut upacara penutupan TMMD, ini bukti semangat pensiunan TNI AD. Tentunya program TMMD sangat membantu pemda dalam mesejahterakan rakyat di pedesaan,” kata Brigjen TNI (purn) Yudi Zanibar usai upacara sebagai komandan kompi.
Meski secara administrasi kedinasan telah paripurna, pihaknya mengaku, memiliki semangat pengabdian yang tinggi hingga akhir hayat. Apalagi di Kuningan ada sebanyak 327 pensiunan, tentu terus mendukung program-program TNI yang merakyat.
“Program TMMD ini bagus sekali, karena sasaran itu fisik dalam pembangunan maupun non fisik. Alhamdulilah semua Anggota PPAD Kuningan bisa ikut upacara berbaur bersama anggota dan rakyat di lapangan, tidak duduk di tenda VVIP,” pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut